Sebelum Mudik, Lakukan Langkah Ini Untuk Pastikan Kondisi Ban Serep

Membicarakan persiapan mudik, Anda tentu sudah memahami semua aspek teknis pada mobil yang harus diperiksa untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di jalan. Namun, ada satu bagian mobil Anda yang sering terlupakan dalam pemeriksaan. Apakah itu? Jawabannya adalah kondisi ban serep atau ban cadangan. Padahal, ban serep memiliki peran yang sangat penting. Bayangkan jika Anda membutuhkan ban serep, namun ternyata tidak dapat digunakan karena kehabisan angin.

Oleh karena itu, kondisi ban serep harus menjadi bagian dari daftar pemeriksaan seperti halnya ban yang terpasang pada roda. Pastikan ban cadangan selalu tersedia di tempatnya saat dibutuhkan.

1. Cek lokasi ban serep

lokasi ban serep

Mungkin karena baru membeli mobil Toyota atau sudah lama tidak mengganti ban cadangan, Anda mungkin lupa di mana letak ban serep mobil. Ban serep pada mobil Toyota memiliki lokasi penempatan yang berbeda tergantung pada jenis mobilnya.

Sebagai contoh, pada MPV seperti Toyota Avanza dan Kijang Innova, ban serep terletak di bagian bawah mobil dan membutuhkan sedikit usaha untuk mengeluarkannya.

Namun, pada MPV lain seperti Toyota Sienta, ban serep justru berada di bawah lantai bagasi sehingga mudah untuk dikeluarkan dengan mengangkat lantai bagasi. Hal ini juga berlaku untuk model hatchback dan sedan seperti Yaris dan Vios.

Apakah Anda masih ingat Toyota Rush generasi sebelumnya yang menempatkan ban serep di pintu bagasi? Untuk model ini, membutuhkan usaha lebih untuk mengeluarkannya dan memasangnya kembali pada tempatnya.

2. Pelajari jenis ban serep

jenis ban serep

Ban cadangan yang ditempatkan di kolong mobil umumnya memiliki ukuran yang sama dengan ban standar, yaitu ukuran penuh. Ban seperti ini dapat digunakan seperti ban normal.

Namun, berbeda halnya dengan ban cadangan yang terletak di bawah bagasi. Ukurannya lebih kecil dari ban normal dan disebut sebagai ban penyimpanan ruang atau space saver.

Ban jenis ini hanya boleh digunakan sementara waktu hingga Anda memperbaiki ban yang bocor dan harus segera menggantinya. Kecepatan maksimal yang diperbolehkan saat menggunakannya adalah 60 km/jam.

Ban tipe space saver tidak dapat digunakan secara rutin sehari-hari. Perbedaan ukuran dapat menyebabkan kehilangan kendali saat mengemudi dengan kecepatan tinggi atau melakukan manuver cepat.

3. Cek tekanan angin ban

tekanan angin ban

Bahkan ban reguler saja kadang-kadang Anda sering lupa mengisi tekanan angin, apalagi ban serep yang terletak di lokasi yang sulit dijangkau.

Memang ban serep tidak sering digunakan, tetapi pori-pori ban dapat membuat udara di dalamnya perlahan-lahan keluar, bahkan hingga habis jika Anda tidak memperhatikannya sama sekali.

Hal ini dapat menyebabkan kerepotan ketika Anda sedang mudik dan harus mengganti ban serep, namun ternyata ban tersebut kempis total. Sebaiknya, isi tekanan angin pada ban serep 5 Psi lebih tinggi dari rekomendasi agar tidak turun terlalu banyak saat Anda lupa mengisinya.

4. Cek kondisi fisik

Cek kondisi

Meskipun jarang digunakan, penting untuk memeriksa kondisi ban serep saat Anda mengisi anginnya. Perhatikan kondisi tapak ban untuk melihat adanya kerusakan. Jangan lupa juga memperhatikan kondisi dinding ban.

Bagi ban serep dengan ukuran penuh, penting untuk ikut dalam proses rotasi ban secara berkala guna menjaga tingkat keausan ban yang merata. Ketika melakukan balancing, sebaiknya ban serep juga dimasukkan ke dalam proses tersebut.

5. Cek dongkrak

dongkrak

Jangan lupakan hal yang sederhana namun sering terlupakan, yaitu memeriksa kelengkapan peralatan pengganti ban seperti kunci pembuka ban dan dongkrak. Karena peralatan ini jarang digunakan, ada kemungkinan bahwa perangkat tersebut rusak atau bahkan hilang dari kotak peralatan.

Sebagai informasi yang berguna, sebaiknya Anda mencoba melakukan simulasi penggantian ban serep. Dengan demikian, Anda dapat memastikan semua peralatan lengkap, termasuk mengetahui di mana letak dongkrak saat digunakan.

Nah, itulah alasan kenapa pemilik kendaraan penting untuk mengecek kondisi ban serep. Semoga Bermanfaat ya ūüôā¬†

Jika Anda Mulai Merasa tidak nyaman pada kondisi suspensi mobil kesayangan anda, silahkan langsung saja datang ke BENGKEL KAKI MOBIL ARUM SARI PURWOKERTO.

BENGKEL KAKI MOBIL ARUM SARI PURWOKERTO Memiliki Fasilitas Wi-Fi, Minuman, dan Cek Masalah Kaki Mobil GRATIS.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang