Perawatan Ban Mobil Yang Disarankan Dilakukan Sebelum Mudik Lebaran

Perawatan Ban Mobil bagaimana yang disarankan? Sebelum pergi mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi, ada beberapa faktor yang patutnya diperhatikan. Terlebih dari memastikan mesin berada dalam kondisi baik, Anda juga harus memeriksa sistem pengereman, fungsi lampu, dan tentu saja kondisi ban.

Ban adalah salah satu faktor yang utama karena langsung bersentuh pada permukaan jalan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk perawatan ban mobil yang disarankan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Periksa Tekanan Udara

Tekanan udara dalam ban merupakan faktor utama yang mempengaruhi umur pakai ban. Tekanan udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban, sedangkan tekanan udara yang terlalu rendah dapat membuat ban cepat rusak dan bagian pinggirannya aus.

Setiap kendaraan memiliki spesifikasi tekanan udara yang disarankan. Secara umum, tekanan udara yang normal untuk ban mobil berkisar antara 30-35 psi. Jika diperlukan, pastikan Anda memiliki alat pengukur tekanan udara.

Gunakan Nitrogen untuk Mengisi Ban

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, menggunakan nitrogen sebagai pengisi udara pada ban memiliki beberapa keunggulan. Nitrogen memiliki sifat pendinginan yang lebih baik dan lebih stabil. Selain itu, penggunaan nitrogen dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar dan menjaga kualitas ban agar tetap optimal.

Sebelum mengganti isi udara ban dengan nitrogen, pastikan untuk mengosongkan udara yang berada di dalam ban terlebih dahulu. Biasanya, petugas pengisian udara akan mengetahui prosedur ini.

Lakukan Spooring dan Balancing

Lakukan Spooring dan Balancing

Spooring berguna untuk mengatur kembali posisi kaki-kaki mobil ke dalam kondisi normal. Dengan melakukan spooring, keausan ban yang tidak merata dapat dikurangi dan kinerja mobil akan menjadi lebih optimal.

Sementara itu, balancing berfungsi untuk mencapai keseimbangan beban pada ban dan velg. Biasanya, sehabis melakukan balancing, mobil menjadi terasa lebih nyaman dan juga minim getaran di setir dan kinerja mobil secara keseluruhan akan meningkat.

Rotasi Ban secara Teratur

Jika ban mobil masih dalam kondisi baik dan tidak memerlukan penggantian, Anda dapat melakukan rotasi ban. Proses ini bertujuan untuk mendistribusikan beban dengan lebih merata sehingga kinerja ban akan menjadi lebih optimal.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan semir ban. Meskipun terlihat hanya sebagai langkah perawatan estetika, semir ban memiliki fungsi penting untuk menjaga kelembutan ban dan mencegahnya mengering.

Dengan melakukan perawatan ban secara teratur, Anda dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan mobil pribadi.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum SariĀ 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang