Fungsi Poros Engkol Crankshaft Mobil

 

Crankshaft merupakan salah satu bagian penting dalam mesin mobil yang berperan dalam mentransformasi gerakan turun naik piston menjadi gerakan rotasi. Fungsi ini sangat penting untuk menggerakkan roda mobil. Crankshaft terhubung dengan piston melalui batang piston dan berputar di bagian bawah blok silinder mesin.

 

Dalam crankshaft, terdapat beberapa bagian penting seperti crank pin journal yang berhubungan dengan batang piston dan main journal yang berhubungan dengan blok silinder mesin mobil. Selain itu, terdapat juga bagian counter weight yang berguna untuk menyeimbangkan putaran crankshaft dan crank arm yang menghubungkan crank pin journal dengan crank journal.

 

Proses pembuatan crankshaft membutuhkan kemampuan dan kekuatan yang tinggi, serta penggunaan bahan material dengan kualitas maksimal. Ada beberapa teknik pembuatan crankshaft seperti casting, forging, dan billet machine.

 

Karena perannya yang sangat penting dalam mesin mobil, maka perawatan crankshaft sangatlah penting. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah lubrikasi yang baik agar crankshaft tidak cepat rusak dan tetap berfungsi dengan baik.Bagian-bagian crankshaft yang utama antara lain:

Bagian-Bagian Crankshaft

1. Jurnal Crank Pin

Merupakan komponen dari crankshaft yang berinteraksi dengan batang piston dan dilengkapi dengan saluran oli untuk memberikan pelumasan pada area gesekan antara crank pin dan batang piston.

2. Crank Pin Oil Hole

Merupakan sebuah lubang kecil pada crankshaft yang berfungsi untuk memastikan aliran minyak mesin ke bagian crank pin journal dan main journal. Lubang ini membantu melumasi permukaan gesekan pada crankshaft dan mencegah gesekan yang berlebihan pada batang piston dan journal. Sehingga, Crank Pin Oil Hole menjadi bagian penting dalam menjaga kinerja mesin mobil yang optimal dan memperpanjang masa pakai mesin.

3. Main Journal

Merupakan bagian crankshaft yang terhubung dengan bagian utama dari mesin mobil yang berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar dan penggerak piston. Pada bagian ini terdapat bearing utama dan juga saluran oli yang berfungsi untuk memberikan pelumasan pada bagian crankshaft yang terhubung dengan blok silinder. Dengan adanya pelumasan, proses gesekan dapat ditekan dan membuat bagian-bagian crankshaft lebih awet.

4. Counter Weight

Merupakan bagian crankshaft yang berguna untuk menyeimbangkan putaran crankshaft. Beberapa lubang ditata pada bagian ini untuk mengatur bobot dari setiap contraweight, yang menghasilkan rotasi yang stabil.

5. Crank Arm

Merupakan bagian dari crankshaft yang berbentuk seperti lengan yang menghubungkan crankpin dan main journal. Keberadaannya sangat penting untuk membuat bagian-bagian crankshaft menjadi terhubung dengan baik. Crank Arm juga berfungsi untuk mengatur putaran crankshaft agar lebih stabil.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang