Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

Erupsi gunung berapi bisa menyebabkan berbagai macam dampak negatif pada lingkungan sekitarnya, termasuk mobil yang berada di sana. Zat yang terkandung di dalam pasir kuarsa yang sangat tinggi pada abu vulkanik memiliki tingkat ketajaman yang sama seperti pecahan kaca dan dapat merusak berbagai komponen mobil. Di sisi lain, sifat korosif abu tersebut sebagai pencetus karat semakin meningkatkan risiko kerusakan pada mobil.

 

Berikut adalah beberapa tips penting yang harus kamu ketahui untuk melindungi mobil dari dampak abu vulkanik:

1. Kaca mobil

Kaca mobil menjadi komponen yang paling mudah terkena dampak abu vulkanik. Jangan pernah membersihkan abu vulkanik yang menempel pada kaca mobil dengan cara menggosok atau mengelap langsung dengan kain lap. Kerusakan pada permukaan kaca dapat disebabkan oleh kandungan silika yang tinggi pada abu vulkanik sehingga bisa meninggalkan goresan yang sulit untuk dihilangkan. Jika kaca terlalu kotor, kamu bisa membawa jeriken berisi air bersih untuk membersihkannya.

2. Bodi mobil

Sama seperti kaca mobil, bodi mobil juga dapat terkena dampak abu vulkanik. Sebaiknya jangan membersihkan bodi mobil dengan kain lap basah karena abu vulkanik dapat melukai permukaan cat mobil dan menyebabkan karat. Bersihkanlah bodi mobil dengan air yang mengalir untuk membersihkan abu vulkanik.

 

Setelah membersihkan, pastikan bodi mobil kering secara menyeluruh dan hindari parkir di tempat yang terkena dampak abu vulkanik.

3. Filter udara

Abu vulkanik dapat memasuki filter udara mobil dan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Jangan remehkan partikel halus yang seperti pecahan kaca dan korosif ini karena dapat membahayakan kesehatan mesin mobil. Cek filter udara secara berkala dan ganti jika sudah terlihat kotor.

4. AC mobil

Disarankan untuk menutup jendela mobil saat melewati daerah yang terkena abu vulkanik. Pasalnya, abu tersebut dapat masuk ke dalam sirkulasi AC mobil dan menghambat aliran udara. Tak hanya itu, abu vulkanik juga bisa merusak perangkat AC yang dilewati olehnya.

 

Agar terhindar dari dampak buruk ini, pastikan AC mobil selalu dalam keadaan bersih dan gunakan filter AC yang berkualitas untuk mencegah masuknya abu vulkanik ke dalam sistem sirkulasi.

5. Rem mobil

Abu vulkanik juga dapat merusak sistem rem mobil. Pada rem cakram, abu vulkanik dapat menempel pada piringan rem dan menimbulkan goresan yang merusak kampas rem. Sementara itu, dapat terjadi goresan pada permukaan teromol akibat abu vulkanik yang masuk ke dalam teromol rem.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang