Berbagai macam TROUBLESHOTING kopling

BERBAGAI MACAM TROUBLESHOOTING KOPLING MOBIL

     Ada berbagai permasalahan yang sering kita jumpai pada pedal kopling mobil seperti kopling mobil tiba-tiba los,pedal kopling mobil ngempos dan sebagainya.Namun disini kita akan membahas sedikit mengenai kopling mobil tiba-tiba los dan pedal mobil ngempos. Simak yuk artikel berikut ini

1. Kopling tiba-tiba mengalami los?

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kopling mobil los yaitu sebagai berikut :

  • Menepikan mobil ke tempat yang aman agar tidak menimbulkan kemacetan.

    Apabila penyebabnya adalah pada minyak kopling sudah habis , maka harus memeriksanya dengan menggunakan wadahnya.Dan lihat keruang mesin wadah tabung berukuran tiga jari tepat didepan kemudi mobil . Lalu membuka tutupnya dan isi dengan minyak kopling sebagai alternatifnya. 

  • Mengecek fungsi kopling 

    Menunggu sampai beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan dan nyalakan mobil untuk mengecek fungsi kopling . Namun ternyata masalahnya bukan karena habisnya minyak kopling tetapi terjadi karena kebocoran pada rangkaian yang lainnya.Bisa jadi kebocoran itu terjadi pada realase dan master cylinder clutch.Maka dari itu periksalah dan mengeceklah kedua komoponen tersebut dan rasakan perbedaan jarak injakan pedal kopling. 

2. Pedal kopling mobil ngempos

     Problem seperti ini memang sering terjadi sebab keadaan kabel kopling yang tidak maksimal.Dan biasanya gejala seperti ini timbul dengan adanya kopling yang tidak berfungsi maksimal.Hal tersebut dapat membuat perpindahan transmisi tidak bisa dilakukan.

     Dan gejalanya akan terasa ketika perpindahan gigi agak susah atau keras.Biasanya juga keadaan ini terjadi sebab kabel sudah mulai mengendor serta pedal kopling pun terasa tidak lembut ketika ditekan,relatif keras dan kasar .Solusinya yaitu dengan mengeraskan kembali kabel kopling sesuai dengan ukuran yang pas . 

     Penyebabnya ketika kopling mobil ngempos yaitu berkurangnya minyak kopling. Dan kondisi ini ditandai dengan pijakan kopling yang keras.Jika pedal kopling sudah susah digerakkan alangkah baiknya segera memeriksakan kondisi kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Alat peringan kopling mobil

     Saat ini memang hampir semua jenis atau merek mobil ini mempunyai banyak pilihan kopling otomatis.Para pembeli pastinya akan memilih mobil dengan kopling  otomatis dengan beragam alasan. Alasan yang paling utama yaitu mudah dalam pengoperasian dan tidak cepat lelah. 

     Secara umum ketika dibandingkan dengan kopling otomatis , maka sudah jelas kopling manual akan membuat para penggunanya lebih cepat lelah.Namun pada kopling manual ini terdapat 2 jenis penggerak dan hidrolik.Jenis mekanik ini menggunakan kabel baja yang digunakan sebagai menarik lever kopling.Sedangkan dengan jenis hidrolik ini memanfaatkan tekanan cairan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *