Apa Fungsi Knuckle Arm?

Bagaimana Knuckle Arm Bekerja?

Knuckle Arm berfungsi untuk tempat melekatnya roda, bearing roda, serta sistem pengereman seperti cakram atau tromol.

1. Lower arm

Selain knuckle arm, terdapat juga lower arm yang bertugas sebagai lengan suspensi dan menghubungkan roda dengan bodi kendaraan. Fungsi dari lower arm adalah untuk memungkinkan roda mobil bisa bergerak secara vertikal atau naik-turun sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.Lower arm merupakan komponen lengan suspensi yang menghubungkan bagian roda dengan bodi mobil.

Akan tetapi, antara body kendaraan dan lower arm terhubung dengan menggunakan engsel. Oleh karena itu, komponen ini mampu bergerak secara vertikal.

2. Ball joint

Bagian yang disebut ball joint adalah komponen yang terdapat pada ujung lower arm dan berguna untuk menghubungkan roda kendaraan dengan suspensi mobil. Fungsi dari ball joint adalah untuk memastikan agar roda kendaraan dapat bergerak dengan fleksibel ke segala arah dan sudut yang mungkin. Ball joint memungkinkan roda kendaraan untuk menyesuaikan dengan permukaan jalan yang berbeda dan memastikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

3. Stabilizer bar

Ketika mobil berbelok, gaya sentrifugal menyebabkan bodi mobil cenderung condong ke arah luar.. Fungsi stabilizer bar adalah untuk menjaga keseimbangan kendaraan dengan menstabilkan pergerakan roda di kedua sisi kendaraan, sehingga pengendara dapat mengendalikan kendaraan dengan lebih mudah dan aman saat bermanuver. Fungsi dari stabilizer bar adalah untuk menstabilkan pergerakan kendaraan saat melintasi jalan yang berliku dan menyeimbangkan beban pada roda kiri dan kanan, sehingga menjaga keseimbangan kendaraan dan mencegah terjadinya kecelakaan. Bagian ini juga berperan dalam mempertahankan keseimbangan ketinggian antara roda kiri dan kanan.

4. Strut bar

Strut bar merupakan salah satu komponen suspensi yang menghubungkan stabilizer bar dengan shock absorber. Fungsi utamanya adalah untuk memastikan agar roda kendaraan tetap dapat bergerak secara vertikal dan berbelok tanpa terhalang oleh stabilizer bar. Di bagian strut bar juga terdapat ball joint yang memungkinkan stabilizer bar bekerja pada sudut yang berbeda.

5. Supported shock

Kegunaan supported shock adalah sebagai pelindung dan penyangga bagi shock absorber sehingga tidak langsung bergesekan dengan bodi mobil dan memungkinkannya untuk bergerak dengan leluasa. Ketika roda kendaraan berbelok, shock breaker akan berputar dan bergeser sehingga membutuhkan suatu mekanisme penyekat untuk mencegah goresan atau kerusakan pada bodi kendaraan akibat gesekan langsung.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang