Waspada Hal Hal Yang Dapat Menyebabkan Terganggunya Konsentrasi Saat Mengemudi

Sulit konsentrasi ketika mengemudi? Jika Anda senang mengemudi sendiri, penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman tentang peraturan lalu lintas dan etika berkendara. Namun, bagi yang belum familiar, ada baiknya untuk mengetahui apa yang seharusnya tidak dilakukan saat mengemudi.

Kegiatan mengemudi membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, maka dari itu Pasal 283 UU No. 22 tahun 2009 beris Lalu Lintas Angkutan Jalan melarang melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Apa saja yang merupakan aktifitas yang bisa membuat sulit konsentrasi saat mengemudi? Berikut penjelasannya.

Pertama, dilarang keras mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang karena dapat menyebabkan halusinasi dan mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Dampaknya bisa fatal, tidak hanya bagi Anda sendiri tetapi juga bagi pengguna jalan lainnya.

Kemudian, penggunaan handphone ketika mengemudi juga dilarang, baik untuk menelepon maupun update status sosmed. Saat ini, sudah banyak perangkat yang memudahkan aktivitas tersebut tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Terdapat fitur Bluetooth yang dapat dihubungkan ke dalam audio mobil atau penggunaan headset nirkabel, sehingga Anda tidak perlu meletakkan handphone di telinga yang dapat mengganggu pandangan dan konsentrasi.

Apakah diperbolehkan memakai GPS atau navigasi pada smartphone ketika mengemudi? Secara umum, penggunaan GPS diperbolehkan selama tidak dilakukan saat sedang mengemudi. Selama aturan ini diikuti, seharusnya tidak ada masalah menggunakan GPS di handphone. Anda dapat mengaktifkan fitur ‘do not disturb’ pada smartphone ketika sedang mengemudi untuk menghindari panggilan masuk, pesan teks, atau SMS, namun tetap dapat menggunakan fitur GPS.

Perhatikan juga saat meletakkan barang-barang di dashboard mobil Anda. Contohnya, menaruh mainan mobil atau diecast di dashboard atau meletakkan handphone dan dompet di sana. Jika terjadi pengereman mendadak, barang-barang di atas dashboard akan bergeser. Jika jatuh ke sisi penumpang, mungkin tidak menjadi masalah besar. Namun, jika jatuh ke sisi pengemudi, dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan.

Terakhir, seringkali orang mengemudi sambil makan atau minum tanpa menyadari bahayanya. Padahal, menyetir dengan makan atau minum sama berbahayanya dengan menyetir saat menulis pesan teks atau menelepon. Aktivitas ini dapat mengganggu konsentrasi, karena fokus terbagi antara mengendarai kendaraan dan menikmati makanan atau minuman.

Namun, yang dianjurkan dilakukan sebelum memutuskan untuk mengemudi adalah memastikan bahwa Anda dalam kondisi yang memungkinkan untuk mengemudi. Jika Anda merasa tidak fit, lebih baik untuk tidak mengemudi.

Semoga informasi ini bermanfaat.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum SariĀ 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang