Sebelum Balik Mudik, Cek Empat Cairan Penting Ini

Setelah melakukan perjalanan jauh mudik ke kampung halaman, yok cek empat cairan penting ini. Penting untuk tidak hanya memeriksa komponen kendaraan, tetapi juga memperhatikan beberapa cairan yang berperan penting dalam mobil.

Suparman, Kepala Bengkel Yos Sudarso, menjelaskan bahwa terdapat empat cairan penting yang perlu diperiksa sebelum menggunakan mobil kembali ke tempat tinggal. Cairan-cairan tersebut termasuk oli mesin, minyak rem, radiator, dan juga air wiper.

Radiator

Memeriksa ketersediaan air radiator menjadi tindakan yang wajib dilakukan sebelum memanaskan mesin mobil. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini dengan membuka kap mesin terlebih dahulu. Perhatikan kondisi reservoir atau wadah penampung air radiator. Jika air sudah berkurang, sebaiknya tambahkan air radiator khusus, bukan hanya air mineral biasa.

Minyak rem

Umumnya, minyak rem dalam mobil dapat bertahan hingga dua atau tiga tahun. Namun sayangnya, mayoritas pemilik mobil tidak mengganti minyak rem ketika melakukan perawatan berkala. Padahal, minyak rem merupakan bagian penting dari sistem keamanan yang tidak boleh diabaikan. Perhatikan volume reservoir minyak rem. Jika masih berada dalam batas standar, berarti kondisinya normal. Namun jika sudah berkurang, sebaiknya isi kembali. Disarankan untuk pergi ke bengkel agar pengecekan rem secara menyeluruh juga dapat dilakukan.

Wiper

Meskipun jarang digunakan, cairan wiper juga merupakan cairan penting yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melihat tangki wiper yang terletak di bawah kap mesin. Seperti halnya dengan cairan lainnya, periksa dan pastikan volumenya cukup. Jika tidak perlu ditambah, biarkan saja. Namun, jika perlu ditambahkan, hindari menggunakan air sabun biasa. Lebih baik gunakan cairan wiper khusus.

Oli mesin

Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan sendiri oleh pemilik mobil. Cukup periksa level oli melalui dipstik atau tongkat pengukur oli yang terdapat di ruang mesin. Jika posisinya berada di antara tanda E (habis) dan F (penuh), berarti kondisinya normal. Tidak perlu menambahkan oli jika tidak diperlukan. Namun, jika ternyata oli berkurang, sebaiknya tidak sembarangan menambahkan sendiri, karena bisa berisiko jika volumenya terlalu banyak.

Dengan melakukan langkah diatas, Anda dapat memastikan kondisi mobil tetap baik sebelum melakukan perjalanan kembali.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang