Periksa Juga Sistem Pengereman Mobil

Pengereman MobilĀ  adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil. Jika sistem rem mengalami masalah atau kegagalan, nyawa pengemudi dan penumpang bisa menjadi taruhannya. Berikut adalah panduan untuk memeriksa sistem rem pada mobil:

BACA JUGA:Cara Deteksi Sokbreker Mobil Sudah Lemah

Piringan Rem

Piringan rem adalah komponen penting dalam sistem rem mobil. Terlalu sering menginjak pedal rem saat berhenti dapat membuat panas tidak merata pada piringan rem. Akibatnya, permukaan piringan rem menjadi tidak rata, yang dapat menyebabkan getaran saat Anda menginjak pedal rem. Jika piringan rem telah terlalu aus, solusi terbaik adalah menggantinya. Namun, jika ketebalan piringan rem masih dalam batas toleransi, Anda dapat mempertimbangkan proses bubut.

Booster Rem

Booster rem adalah komponen yang membantu mengurangi tekanan yang diperlukan untuk menginjak pedal rem. Jika booster rem mengalami kebocoran, Anda mungkin akan merasakan rem menjadi lebih berat saat diinjak, dan mungkin juga terjadi getaran pada mesin.

Slang Rem

Pengecekan slang rem bisa dilakukan dengan memeriksa apakah ada kebocoran pada sambungannya. Kebocoran pada slang rem dapat mengakibatkan sistem rem bekerja kurang efisien. Pastikan juga untuk memeriksa kekencangan baut atau ring tembaga pada slang rem. Jika kebocoran berasal dari slang karetnya, satu-satunya solusi adalah menggantinya.

Sil Kaliper Rem

Sil kaliper rem terletak di dalam kaliper rem dan digunakan dalam sistem rem cakram. Kerusakan pada sil kaliper dapat menyebabkan rem mengunci saat pedal rem diinjak, karena piston tidak dapat kembali ke posisi awal karena sil kaliper yang rusak.

Kampas Rem

Kampas rem adalah komponen yang berfungsi menghentikan laju kendaraan. Jika kampas rem sudah tipis, segeralah ganti. Anda dapat mendeteksi indikasi kampas rem tipis dari suara berdecit saat menginjak pedal rem atau berkurangnya minyak rem dalam tabung reservoir rem. Untuk memeriksa kampas rem, Anda dapat melihatnya di sela-sela kaliper rem.

Minyak Rem

Minyak rem memiliki usia pakai sekitar 20.000 km atau satu tahun. Penggantian secara berkala diperlukan untuk menjaga kinerja sistem rem tetap prima. Minyak rem perlu diganti berkala karena kandungan air di dalamnya bisa meningkat seiring waktu.

Master Rem

Master rem memiliki peran penting dalam memberikan tekanan pada sistem rem. Oleh karena itu, sil di dalam master rem sangat penting untuk menghasilkan tekanan yang cukup. Sil master rem dapat mengalami kebocoran jika jarang diganti minyak rem, yang bisa meningkatkan friksi antara sil karet dan dinding master rem. Pastikan untuk memeriksa kondisi sil master rem secara berkala.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum SariĀ 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang