Skip to content

Pentingnya melakukan service rem mobil

  • by

BENGKEL KAKI KAKI MOBIL Permasalahan pada rem mobil memang sangat sering terjadi pada mobil yang terkadang menjadi sumber terjadinya kecelakaan. Dan juga permasalahan pada seputar rem mobil seperti rem tidak pakem atau bahkan bunyi yang berlebihan ketika sedang melakukan pengereman. Komponen rem ini merupakan komponen yang sangat fatal pada sebuah kendaraan karena rem sendiri mempunyai fungsi untuk menahan laju kendaraan supaya tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Dengan begitu merawat mobil perlu dilakukan  perawatan pada mobil secara berkala dan intensif supaya perangkat selalu bekerja dengan maksimal. Salah satu penyebabnya adalah adanya pengendara mobil yang sangat jarang memperhatikan perawatan rem mobil yang sangat penting untuk menjaga performa kendaraan supaya perangkat ini selalu dalam kondisi yang prima. Hal-hal tersebut pun harus diperhatikan adalah komponen pada rem mobil, kurangnya perawatan pada keempat rem mobil akan sangat berdampak buruk bagi kendaraan anda. Service rem mobil ini penting mengingat komponen rem adalah satu-satunya mekanisme yang bisa menghentikan laju kendaraan. Jalan yang mulus, lurus atau bahkan berbelok itu merupakan salah satu faktor yang akan memicu penambahan laju kendaraan. Namun bila akan menjadi bencana bila kita tidak mempunyai rem yang bekerja dengan baik. Dengan demikian anda perlu melakukan service rem mobil secara teratur.

Bengkel kaki-kaki mobil

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda rem mobil perlu dilakukan service rem mobil adalah sebagai berikut : 

sparepart mobil

BACA JUGA : Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

  • Lampu peringatan pada rem mobil menyala 

Lampu peringatan pada rem mobil menyala sudah menjelaskan peringatan terhadap rem yang mengalami trouble. Jika ada salah satu lampu indikator rem menyala, yang berwarna merah atau kuning, itulah ketika anda melakukan pemeriksaan terhadap rem anda. Hal seperti ini biasanya terjadi karena ada masalah bagian pengereman anda.   

 

  • Getaran pada saat terjadi pengereman 

Getaran pada stir mobil biasanya terjadi saat rotor tidak rata. Rotor rem merupakan cakram besar yang berada pada dalam roda. Jika anda menekan pedal rem, bantalan rem akan mengapit pada rotor dan memperlambat roda serta kendaraan anda. 

 

  • Bunyi mencicit jika melakukan pengereman 

Apabila anda mulai mendengar suara yang bernada tinggi ketika anda mengeremnya, untuk itu besar kemungkinan adalah suara bantalan rem. Bantalan rem ini memang terbuat dari baja. sehingga dapat membuat suara menjadi mencicit maupun menggiling. Namun terdengar suara tersebut jika melakukan pengereman yang berarti bantalan rem anda sudah mulai aus dan perlu untuk menggantinya sebelum rotor anda mengalami kerusakan yang membuat biaya perbaikannya menjadi semakin mahal.  Dan juga ketika melakukan pengereman mobil yang keluar bunyi berdecit ini akan menjadi tanda lempengan kampas rem yang sudah mengenai cakram.   

 

  • Bau terbakar jika di kemudikan 

Bau kimia yang tajam ini setelah melakukan pengereman berulang-ulang di jalan yang sangat curam adalah dengan adanya tanda-tanda rem mobil atau kopling mobil terlalu panas. Namun bila anda mencium bau kimia yang sangat menyengat, segeralah untuk menepikan mobil anda dan periksa rem tangan anda untuk memastikan rem tangan tersebut sudah terlepas sehingga dapat membuat rem mendingan.  

 

  • Pedal rem yang lunak 

Jika anda merasakan bahwa rem yang lunak atau dapat menekan lebih dalam untuk mengeremnya, yang berarti anda harus melakukan pengecekan. Hal tersebut bisa terjadi sebab adanya udara atau kelembaban dalam sistem pengereman atau masalah dengan master cylinder. Pada umumnya, mobil dapat berhenti ketika pedal rem berada sekitar 2.5 – 4 cm dari lantai. Bila anda mempunyai rem manual pedal harus terhenti 7 cm dari lantai.   

 

  • Pengecekan pada kepingan cakram 

Cakram dan kaliper adalah salah satu komponen utama dalam rem mobil. Kaliper ini bekerja dengan menjepit cakram, sehingga mobil akan terhenti secara sempurna. Namun beda lagi dengan mobil lama tidak dipakai yang pastinya tidak akan terhenti secara sempurna lagi. Maka dari itu komponen rem ini sangat penting untuk dilakukan perawatan pada kondisi cakram, karena jika sudah menipis akan menandakan anda harus menggantinya dengan cakram yang baru. 

 

  • Mobil akan berbelok sendiri 

Jika anda berkendara, lalu anda merasakan mobil berbelok sendiri? nah inilah yang disebabkan oleh kaliper yang stuck di salah satu ban dan pastinya secara otomatis akan mengerem ketika sedang bergerak maju, namun mobil berbelok sendiri tidak hanya disebabkan oleh rem, untuk memastikannya adalah dengan cara membawa mobil kesayangan anda ke service rem mobil kesayangan anda yang pastinya sudah ahli dalam menangani masalah-masalah seperti ini.

 

Fungsi rem mobil pada umumnya adalah untuk menghentikan mobil. Apabila anda kaget dan panik, maka pastikan banyak dari anda secara spontan yang menginjak rem penuh, padahal hal seperti ini sangat tidak dianjurkan. Tindakan seperti ini biasanya dianggap bahwa kurang bisa mengurangi daya cengkram ban ke aspal. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya yang berpikir salah dengan sistem pengereman, yaitu yang beranggapan untuk menghentikan laju kendaraan. Fungsi yang paling utamanya adalah dapat mengurangi laju kecepatan kendaraan, bukan untuk menghentikan kendaraan. 

 

Manfaat service rem mobil adalah sebagai berikut : 

 

  1. Dapat mengetahui keadaan rem mobil 
  2. Dapat membersihkan roda pada bagian dalam beserta sistem rem di keempat roda mobil tersebut 
  3. Dapat mengetahui bila oli mesin bocor, rembes atau bahkan menetes 

 

Permasalahan pada pengereman ini alangkah baiknya segera ditangani sebab rem merupakan aspek penting dalam mengendarai kendaraan baik berupa sepeda motor, mobil, atau bahkan truk, karena rem yang bermasalah akan sangat mengganggu bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, maka lakukan perawatan secara berkala untuk mencegah masalah yang terjadi pada kendaraan anda. 

 

Itulah beberapa tanda-tanda rem mobil perlu dilakukan service rem mobil , semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai tanda-tanda rem mobil perlu dilakukan service rem mobil. 

 

Apabila menemukan beberapa tanda-tanda pentingnya melakukan service rem mobil mengalami kerusakan maka langsung saja untuk menghubungi dan mendatangi bengkel shockbreaker mobil supaya langsung ditangani kerusakannya apa saja dan mekanik akan melakukan perbaikan jika masih bisa diperbaiki. Perawatan secara rutin ini akan lebih baik dari pada saat memperbaiki kerusakkan yang sudah terjadi, apalagi jika untuk piranti rem yang mempunyai peranan yang penting saat berkendara. Jangan sampai salah pilih bengkel shockbreaker mobil ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

BACA JUGA : PERBEDAAN CUSTOM DAN SPORT KIT DAN CARA MUDAH CEPER MOBIL

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

PENTINGNYA MELAKUKAN SERVICE

 

Bengkel Arum Sari 

-Cepat-Tepat-Bergaransi-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!