Panduan Merawat Ban Kendaraan Toyota Anda

Periksa Tekanan Angin (sedikitnya 1x sebulan)

Periksa Tekanan Angin

Periksa kondisi ban apakah terlihat kempis atau terlalu keras, terutama jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Pastikan untuk merujuk pada buku panduan pemilik kendaraan Anda guna mengetahui tekanan udara yang ideal untuk ban kendaraan Anda.

Periksa Kedalaman Alur ban

Periksa Kedalaman Alur ban

Untuk menjaga ban kendaraan dalam kondisi baik, penting untuk memperhatikan tanda keausan pada ban. Tanda tersebut berupa rusuk melintang pada dasar alur tapak dengan tinggi sekitar 1,6 mm, yang biasanya ditandai dengan huruf A atau istilah TWI (Tread Wear Indicator) pada bagian samping atas ban. Jika indikator TWI pada ban sudah terlihat, maka ban perlu diganti.

Disarankan untuk Balancing dan Spooring

Balancing dan Spooring

Ketidakseimbangan pada kendaraan dapat menyebabkan vibrasi atau gangguan. Oleh karena itu, penyelarasan ban dilakukan untuk mencegah terjadinya getaran pada kendaraan.

Lakukan Rotasi berkala (setelah pemakaian 10.000 km)

Rotasi berkala

Melakukan rotasi ban secara teratur bertujuan untuk menjaga agar ban memiliki umur pemakaian yang seragam dan mencegah keausan yang tidak merata.

Periksa Kondisi Tutup pentil

Kondisi Tutup pentil

Periksa apakah pentil sudah terpasang dengan baik dan tertutup. Pentil yang tertutup berfungsi untuk mencegah keluarnya udara dan menjaga tekanan angin tetap stabil pada ban kendaraan.

Periksa Kondisi Pelek

Kondisi Pelek

Periksa kondisi pelek dan pastikan tidak terdapat kerusakan seperti retak, perubahan bentuk, atau karat. Kerusakan pada pelek dapat berdampak pada keandalan ban kendaraan.

Untuk memudahkan pemasangan ban pada pelek, Anda dapat menggunakan cairan pelumas yang sesuai.

Perhatikan beban muatan kendaraan

beban muatan kendaraan

Ban kendaraan akan mengalami keausan yang lebih cepat apabila melebihi batas beban yang disarankan.

Berhati-hatilah dalam memilih jalan

memilih jalan

Bagian bawah ban dilengkapi dengan lapisan kawat baja guna memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap tusukan. Sementara itu, bagian samping ban tidak dilapisi kawat baja untuk menjaga kelenturan dan kelembutan ban.

Permukaan jalan yang kasar dapat menyebabkan abrasi pada bagian bawah ban.

Ketika melewati jalan berlubang, disarankan untuk menggunakan bagian tengah ban dan menghindari perubahan arah secara tiba-tiba guna melindungi ban dari benturan samping.

Nah, itulah alasan kenapa pemilik kendaraan penting untuk memperhatikan kondisi oli mesin mobilnya. Semoga Bermanfaat ya ūüôā¬†

Jika Anda Mulai Merasa tidak nyaman pada kondisi suspensi mobil kesayangan anda, silahkan langsung saja datang ke BENGKEL KAKI MOBIL ARUM SARI PURWOKERTO.

BENGKEL KAKI MOBIL ARUM SARI PURWOKERTO Memiliki Fasilitas Wi-Fi, Minuman, dan Cek Masalah Kaki Mobil GRATIS.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang