Lepas Kembali Pedal Kopling Bila Susah Mundur

 

Bagi pengemudi mobil dengan transmisi manual, tentu sudah sangat familiar dengan fungsi pedal kopling dan tuas persneling. Akan tetapi, kadangkala timbul kesulitan dalam memindahkan gigi persneling ke posisi mundur. Tuas persneling terasa keras dan tidak bisa masuk, sehingga mobil tidak bisa digerakkan ke belakang. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengemudi mobil manual terkait pedal kopling dan gigi mundur yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

1. Lepas Kembali Pedal Kopling

Saat hendak memindahkan gigi ke posisi mundur dan tuas persneling terasa keras, coba lepaskan kembali injakan pada pedal kopling. Lalu kembali pada tahapan biasa dengan menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi ke posisi mundur. Setelah pedal kopling dilepas, gigi pemutar akan bergerak sehingga terjadi sinkronisasi antara mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar. Hal ini akan membuat proses memindahkan gigi ke posisi mundur menjadi lebih mudah dilakukan.

 

2. Berfokuslah pada struktur Gigi Mundur

Masalah kesulitan saat memindahkan gigi ke posisi mundur terjadi karena konstruksi gigi mundur sendiri. Berbeda dengan konstruksi gigi maju yang menggunakan syncromesh, gigi mundur menggunakan mekanisme pemindahan gigi yang sejajar atau lurus (sliding). Menjaga posisi yang pas antara mata gigi pemutar dan alur gigi yang diputar adalah kunci agar tuas persneling dapat dengan mudah dipindahkan ke posisi mundur.

 

3. Gunakan Pedal Gas dan Rem dengan Bijak

Ketika hendak memindahkan gigi ke posisi mundur, pastikan Anda menggunakan pedal gas dan rem dengan bijak. Jangan terlalu banyak menginjak pedal gas, karena akan membuat mesin mobil berputar dengan cepat, namun mobil tidak akan bergerak. Begitu pula dengan pedal rem, jangan terlalu sering menginjaknya, karena dapat membuat rem mobil menjadi panas dan aus dengan cepat.

 

4. Latihan Mengemudi Secara Teratur

Latihan mengemudi secara teratur juga sangat membantu untuk mengatasi kesulitan saat memindahkan gigi ke posisi mundur. Cobalah untuk berlatih di area yang sepi dan lapang, seperti taman atau area parkir, sehingga Anda dapat mencoba berbagai cara dan teknik mengemudi dengan aman dan nyaman.

 

5. Perhatikan Keamanan Berkendara

Terakhir, pastikan keselamatan saat akan mengoper gigi ke belakang. Konstruksi gigi mundur yang menggunakan roda gigi yang lurus (sliding) memang dirancang untuk keamanan, sehingga mobil tidak langsung bergerak ke belakang saat salah memindahkan gigi. Namun, pastikan Anda tetap berhati-hati dan memperhatikan keamanan sekitar sebelum memindahkan gigi ke posisi mundur.

 

Demikianlah beberapa tips mengemudi mobil manual terkait pedal kopling dan gigi mundur yang dapat membantu Anda.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang