Ban Mobil Tiba-tiba Pecah? Waspada! Berikut Daftar Faktor Penyebabnya

Berita sebelumnya tentang terjadinya kecelakaan di Jalan Tol Jagorawi akibat pecahnya ban mobil memberikan peringatan serius terhadap bahaya yang dapat terjadi saat kita sedang berkendara. Pecahnya ban bukan hanya mengancam keselamatan pengendara mobil, tetapi juga pengguna jalan di sekitarnya. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami penyebab dari pecahnya ban mobil secara mendadak dan langkah-langkah pencegahannya.

Penyebab Pecahnya Ban Mobil:

  1. Tekanan Angin Kurang

Salah satu penyebab utama pecahnya ban mobil adalah kurangnya tekanan angin pada ban. Marcel Kurniawan, Training And Development Manager Real Driving Centre, Jakarta, menyatakan bahwa ban yang kekurangan angin membuat kawat ban lebih mudah putus karena bergerak terus-menerus. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa dan mengisi tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrik.

BACA JUGA:Ini 10 Perawatan Wajib Setelah Perjalanan Liburan Pakai Mobil 

  1. Benturan pada Lubang di Jalan

Ban bukan hanya berfungsi sebagai kaki penggerak mobil, tetapi juga mendampingi fungsi suspensi yang menahan tekanan dari mobil dan jalan. Jika mobil melintasi jalan berlubang dan ban menghantam titik keras dengan kecepatan tinggi, kawat di dalam ban dapat putus, menyebabkan ban menjadi ‘benjol’ atau mengalami gundukan yang tidak wajar. Hindari kecepatan tinggi saat melewati jalan berlubang untuk mencegah kerusakan pada ban.

  1. Kerikil Terselip di Ban

Kerikil kecil yang terselip di antara uliran atau kembangan pada ban dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan ban. Selain itu, jika kerikil tersebut terus tertekan, dapat menimbulkan korosi pada kawat ban. Periksa secara rutin ban mobil Anda dan bersihkan jika ada kerikil yang terperangkap.

  1. Tambalan Ban yang Kurang Tepat

Pengguna ban tubeless harus memperhatikan cara menambal ban. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, proses penambalan bisa merusak kawat baja pada ban hingga terputus. Pilihlah teknik penambalan yang tepat dan hindari tambalan yang dapat merusak struktur ban.

Langkah Pencegahan:

  1. Periksa Rutin Tekanan Angin Ban

   Melakukan pemeriksaan rutin tekanan angin pada ban sesuai rekomendasi pabrik.

  1. Hindari Kecepatan Tinggi di Jalan Berlubang

   Mengurangi kecepatan saat melewati jalan dengan kondisi buruk untuk menghindari benturan yang dapat merusak ba

  1. Periksa dan Bersihkan Ban Secara Rutin

   Memeriksa ban secara rutin dan membersihkan jika ada benda asing seperti kerikil yang menempel.

  1. Pilih Tambalan Ban yang Tepat

   Memilih teknik penambalan yang tepat dan hindari tambalan yang dapat merusak struktur ban.

Dengan memahami penyebab pecahnya ban mobil dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat meningkatkan keselamatan berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan akibat pecahnya ban secara mendadak.

HT Mega Addons

Booking Now

Klik di Sini

Bengkel Kaki Mobil Arum Sari Purwokerto Terletak di :

Bengkel Arum Sari 
-Cepat-Tepat-Bergaransi-

#jackstand #dongkrakmobil #kakimobilberdecit #sistemsuspensi #bengkelkakimobil #bengkelkakikakimobil #bengkelarumsari #kakimobilbunyisaatbelok #bengkel #bengkelmobil #kakimobil #sparepartmobilavanza #kakimobilbunyiberdecit #suspensimobil #suspensi

Scroll to Top
Butuh bantuan ? Hubungi sekarang