Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Timing Belt Mobil

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari Purwokerto – Timing belt ini yaitu sabuk karet yang bergerigi dan kuat yang digunakan untuk memutar poros chamsaft.Chamsaft ini untuk mengatur pembukaan katup masuk dan katup buang supaya dapat mesin mobil yang bekerja dengan normal.

Timing belt ini juga fungsinya untuk menghubungkan antara crank shaft dan camsaft.Timing belt mobil memerlukan penggantian dan perawatan secara rutin untuk menghindari putusnya timing belt.Untuk memeriksa timing belt ini dapat dilakukan setiap kendaraan yang sudah menempuh jarak sekitar 40.000 km sampai 60.000 km. Pemeriksaan timing belt ini dapat dilakukan meliputi keadaan gerigi,pemeriksaan kerusakan,ketegangan dan apakah terdapat oli pelumas pada timing belt.

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda timing belt mobil yang sudah harus diganti yaitu sebagai berikut :

1.Timing Belt Mobil Mudah Pecah

Karet yang sudah berada pada suhu yang tinggi ketika sedang bekerja membuat timing belt ini cepat keras atau getas.

2.Timing Belt Mobil Tidak Erat Atau Kendur

Timing belt yang sudah kendur ini beresiko pada mesin,sebab sewaktu-waktu timing belt ini akan lepas.Walaupun tidak copot,dikhawatirkan ritme yang dihasilkan tidak bisa tepat lagi sebab timing belt sudah tidak mencengkram dengan maksimal.

3.Timing Belt Menjadi Tipis

Perangkat yang bahan dasarnya karet seperti ban mobil,Seiring dengan penggunaannya lama kelamaan timing belt mobil ini akan menipis.Maka dari itu segera untuk diganti.

4.Permukaan Timing Belt Mobil Mengalami Keretakan

Apabila sudah ada retakan pada bagian belakang timing belt mobil ,maka harus diganti sebab sewaktu-waktu dapat putus dan akan berbahaya sebab mesin mobil bisa mati ketika sedang melaju.

5.Gerigi Timing Belt Mobil Mengalami Keausan

Apabila gerigi timing belt mobil mulai aus maka segera untuk dilakukannya penggantian sebab dapat menyebabkan peganagn pada chamsaft ini sudah maksimal.Tetapi bila sudah hilang ,maka harus diganti secepatnya sebab akan sangat berbahaya bagi mesin.

Nah itulah sedikit informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengganti timing belt mobil semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *