Tiba-tiba Terdengar Suara Bunyi Berdecit? lakukan ini!

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari Purwokerto – Berikut ini ada beberapa bagian yang harus dicek dan untuk memastikannya yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan Sumber Bunyi Berdecit Pada Mobil
Bunyi berdecit pada mobil ketika akan dinyalakan yang disebabkan adanya sabuk (belt) mobil.Sabuk ini fungsinya untuk memutar kerangka pada bagian mesin mobil contohnya pompa oli,kompresor AC,Power steering,alternator,water pump,kipas pendingin radiator dan idler pulley.
Komponen ini yang bekerja secara terus menerus dan letak komponen yang terhubung dengan pulley mesin ini terbuka.Dan sering kali perangkat ini terkena cipratan air , tanah, lumpur sampai kerikil maka menyebabkan bunyi berdecit pada mobil bagian mesin.

2. Gejala pada Belt Dressing
Gejala belt dressing ini dimana pulley menjadi kering karena terkikis berbagai kotoran yang menempel pada sabuk yang menjadikan tidak sempurna.Tetapi gejala ini biasanya terjadi pada mobil keluaran lama.Dan untuk keluaran terbaru terdapat rangkaian tensioner dan pre-tensioner untuk menjaga ketegangan sabuk.

3. Kurangnya Tegangan Yang Terdapat Pada Sabuk
Masalah seperti ini biasanya ketika mobil dihidupkan berbarengan dengan perangkat pendinginan(AC).Kinerja pulley ini akan membuat decitan sebab terganggu oleh kotoran yang menempel pada sabuk ataupun pulley.Ketika akan menyalakan lampu besar/utama timbul bunyi berdecit.Sebab alternator yang mengeluarkan arus listrik yang maksimal bila lampu menyala,Kinerja sabuk ini akan berat jika kotoran maupun usang yang menimbulkan bunyi berdecit.

4. Kualitas Sabuk Untuk mengetahui dari rangkaian mana sumber bunyi berdecit ini pada mobil tersebut,maka dapat membukanya kap mesin mobil anda kemudian dengarkan dari perangkat mana bunyi tersebut berasal.

Ada Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Bunyi Berdecit Pada Mobil Yaitu Sebagai Berikut:

1.Menyiram dengan menggunakan air sabun
Untuk meredamnya gunakan bahan-bahan sederhana yang ada dirumah.Untuk membersihkannya yaitu dengan cara menyemprotkan campuran sabun dan air tadi.Mungkin cara ini hanya bersifat sementara ,Setidaknya dapat mengurangi suara berdecit tadi yang menganggu kamu ketika mobil digunakan.

2.Dilumuri Dengan Gemuk Pelumas atau Grease
Metode ini dilakukan dengan cara mengoleskan gemuk pelumas ,kinerja pulley dan sabuk lebih muda.

3.Gunakan Cairan Pembersih Khusus
Cara menggunakannya,yaitu dengan cara menyemprotkan cairann tersebut ke rangkaian yang mengeluarkan bunyi berdecit.

Berikut Ini ada Beberapa penyebab Bagian Yang Berbunyi Berdecit Pada Bagian Lain Yaitu Sebagai Berikut:

1.Kampas Rem berdebu dan kotor
Kampas rem yang kotor akan menimbulkan bunyi berdecit pada mobil bila rem diinjak atau bahkan tidak diinjak.Hal tersebut disebabkan oleh adanya gesekan antara kotoran yang menempel dengan piringan rem yang berputar.

2.Sudut Roda Tidak Balance
Ada beberapa faktor yang menjadikan sudut roda depan mengalami pergeseran dan ini akan mengubah sudut belok pada mobil.Bila sudut roda sudah tidak pas maka mobil akan terdengar bunyi berdecit ketika dibelokkan karena adanya pergesaran dengan aspal.

Nah itulah sedikit informasi mengenai terdengar suara berdecit , semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *