Skip to content

JENIS-JENIS DAN TIPE SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN 

  • by

JENIS-JENIS DAN TIPE SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN 

Sistem suspensi. mobil adalah sebuah rangkaian komponen yang dapat berfungsi untuk meredam getaran atau kejutan pada saat mobil melewati jalanan yang tidak rata dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dan sistem suspensi mobil paling nyaman.

Sistem suspensi ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk menopang beban 
  2. Untuk menambah traksi pada roda 
  3. Untuk memelihara geometris pada roda 
  4. Untuk meneruskan gaya gerak pada pengereman mobil

Nah sistem suspensi mobil pun mempunyai berbagai jenis dan tipe yang digunakan sesuai dengan jenis dan tipe mobil tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis dan tipe sistem suspensi pada mobil yaitu sebagai berikut :

1.Suspensi Double Wishbone 

Sistem suspensi

Sistem suspensi ini ketika dilihat dari bentuknya yang hampir mirip dengan suspensi macpherson, tetapi yang menjadi pembedanya yaitu penggunaan dua buah arm yang menopang sistem suspensi yakni upper arm dan lower. Sistem suspensi ini juga memiliki kelebihan atau keunggulan untuk membuat pengendalian mobil secara optimal. Dalam penggunaan upper arm dan lower arm ini berfungsi untuk menyeimbangkan roda bila bergerak secara vertikal.

Desain double wishbone ini terlihat sangat kokoh,yang membuat sudut geometri roda tetap konstan ketika berbelok. Suspensi ini umumnya digunakan oleh pengendara kendaraan yang berjenis MPV dan juga SUV. Pengguna atau pemilik mobil harus menyiapkan waktu yang tidak sebentar bila harus membongkar sistem suspensi ini sebab sistemnya cukup rumit termasuk ketika sedang mengganti shockbreaker.

sistem suspensi

Jenis suspensi ini tergolong independent untuk jenis suspensi depan. Suspensi double wishbone ini memang terlihat seperti macpherson. Namun desain suspensi double wishbone lebih rumit dan agak kekar. Sistem suspensi ini terdapat 2 lengan suspensi yaitu seperti lower arm di bagian bawah dan upper arm pada bagian atas. Keduanya membuat gerakan vertikal pada roda ini menjadi lebih seimbang lagi. 

Suspensi yang terbilang mudah mengalami kerusakan di bagian part seperti rusaknya ball joint pada bagian atas atau bawah, end tie rod dan long tie rod. Agar menghindarkan berbagai kerusakan pada mobil, maka harus melakukan spooring terlebih dahulu secara berkala. 

2. Sistem Suspensi Macpherson 

Sustem suspensi

Sistem suspensi mobil macpherson ini diposisikan tegak lurus dan juga ditopang oleh sebuah peredam kejut atau shockbreaker. Yang menjadi titik pusat pada sudut caster mobil. Sistem suspensi ini juga banyak kendaraan yang menggunakannya karena harganya yang terjangkau. Dan komponen penggantinya sangat mudah dicari. Sistem Suspensi macpherson ini terdapat kualitas yang baik karena dapat meredam getaran dengan baik. dan juga desain suspensi yang seperti ini cukup sederhana.

Namun tidak memakan tempat sehingga pas untuk digunakan pada mobil-mobil kecil. Sistem suspensi ini mempunyai beberapa komponen salah satu diantaranya adalah per melingkar atau pegas coil yang dapat digunakan karena memiliki bentuk yang minimalis dan daya elastisnya pun lentur. 

Kemudian shock absorber ini letaknya ada pada pegas coil, sehingga 2 hal ini menjadi salah satu lengan suspensi agar menjadi penghubung antara roda dengan bagian body mobil. Bukan hanya itu saja, ball joint 360 derajat ini berada pada ujung lower arm yang dapat membuat roda bergerak ke segala arah sesuai dengan keinginan. 

Sistem ini memiliki kekurangan yaitu tidak mampu dalam menerima beban dan sudut kemiringannya yang selalu akan berubah ketika mobil ini akan dibelokkan atau pada saat berbelok. Hal-hal seperti ini akan membuat ban kurang bisa mencengkram aspal jalan dengan baik. Contohnya seperti mobil yang bertipe dan berjenis LMPV, MPV dan juga sedan sebagian besar menggunakan sistem suspensi macpherson. Namun ketika mobil akan berbelok tanpa mengubah sudut kemiringan ban, hingga mengurangi daya cengkramnya terhadap aspal. Kemudian getaran pada bodi ketika mobil digeber dalam kecepatan yang tinggi. 

Baca Juga: Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

3. Sistem Suspensi Torsion Beam

suspensi

Sistem suspensi torsion beam ini bisa termasuk kategori semi-independen, sebab suspensi torsion beam ini merupakan pengembangan dari sistem suspensi rigid tetapi ketika dibuat dengan bentuk yang berbeda untuk mendapatkan hasil peredaman yang lebih baik. Bentuk dasar pada suspensi rigid ini memanjang diinovasikan menyerupai huruf H. Bentuk seperti itu membuat ayunan pada roda kanan dan kiri agak terbebas. Hal ini dapat semakin membuat mobil nyaman ketika sedang di kendarai.

4. Sistem Suspensi Multi-link 

suspensi

Sistem suspensi multi-link ini merupakan pengembangan dari suspensi double wishbone. Dan juga memiliki penghubung pada sistem komponen suspensinya. Sistem suspensi multi link ini juga mempunyai sistem konstruksi yang lebih rumit dibandingkan dengan double wishbone.Sebab terdapat tiga lengan atau bahkan lebih. Link-link tersebut juga diletakkan sedemikian rupa supaya dapat menyerap getaran roda dengan baik. Komponen pada link-link yang berdimensi kecil sehingga tidak memakan waktu banyak ruang di bagian suspensi. Pengendalian mobil pun akan lebih sempurna. Sistem suspensi ini memiliki banyak penghubung, diantaranya seperti lengan suspensi yang berjumlah tiga atau bisa juga lebih. Link yang ada pada desain yang sedemikian rupa sehingga bisa menunjang pergerakan roda ketika meredam getaran. 

5. Air suspension ( sistem suspensi udara)

suspensi

Sistem air suspension ini salah satu sistem suspensi yang hasil pengembangannya ini memiliki kinerja yang sangat baik sehingga suspensi jenis seperti ini sudah banyak digunakan salah satu nya pada mobil mewah. Mobil mewah ini sudah ada yang menggunakan suspensi ini bahkan bisa juga diatur menggunakan komputer. Sistem suspensi udara ini sekarang sedang ramai diaplikasikan oleh para modifikator mobil. Sistem suspensi ini terdiri dari berbagai komponen seperti tabung udara, komposer, dan berbagai macam selang dengan suspensinya itu sendiri. 

Baca Juga: Berbagai Macam Bunyi-bunyian di Kaki-kaki Mobil

Kekurangan pada suspensi ini yaitu memiliki konstruksi yang sangat rumit, bila dibandingkan dengan jenis suspensi lainnya. Bukan hanya itu saja, namun suspensi ini pun memiliki harga yang selangit. 

Kelebihan pada sistem suspensi ini pun akan lebih praktis mengatur ground clearance mobil sebab pengendara tidak akan repot membongkar kaki-kaki mobil. Dan air suspension ini terintegrasi dengan aplikasi di smartphone.

Jadi, pengaturan ketinggian mobil dapat dilakukan lewat smartphone.

Nah itulah ada beberapa jenis suspensi yang digunakan di beberapa jenis dan tipe mobil. Sistem suspensi memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan selama berkendara. Oleh sebab itu, jika mendengar atau merasakan sesuatu yang salah di bagian suspensi mobil, anda harus secepat mungkin membawanya ke bengkel kaki mobil terdekat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Bengkel Arum Sari 

-Cepat-Tepat-Bergaransi-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!