Skip to content

PERBEDAAN CUSTOM DAN SPORT KIT DAN CARA MUDAH CEPER MOBIL 

  • by

PERBEDAAN CUSTOM DAN SPORT KIT DAN CARA MUDAH CEPER MOBIL 

SPORT KIT. Memanglah semakin berkembangnya zaman semakin banyak cara untuk memodifikasi mobil agar memiliki tampilan yang sporty dengan cara merendahkan ketinggian istilah gaul yaitu menceperkan mobil. Tujuannya untuk handling jauh lebih enak dan bisa juga hanya demi gaya semata supaya mobil merapat dengan aspal. Modifikasi memanglah sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan hanya demi meningkatkan performa hingga mendongkrak tampilan mobil, banyak sekali komponen aftermarket yang tersedia untuk keperluan seperti itu. Salah satunya pada bagian yang paling sering dimodifikasi adalah pada bagian kaki-kaki, yaitu komponen suspensi. Penggunaan pada lowering kit dan suspensi sport menjadi bagian yang sering dilakukan. Membuat tinggi kendaraan akan menjadi lebih rendah atau ceper.

 

Cara yang paling murah untuk menceperkan mobil yaitu dengan cara mengganti per lebih pendek dari standarnya.Yang umumnya ada 2 jenis per yaitu custom shockbreaker mobil dan sport kit. Perbedaan antara keduanya yaitu custom diambil dari per standar sebuah mobil , kemudian dipotong sampai tinggi sesuai keinginan. Sedangkan sport kit yaitu per aftermarket buatan pabrik yang memang sudah ada ukuran tertentu lebih rendah beberapa centimeter dan tentunya akan berbeda dengan cara custom shockbreaker mobil.

Ngomong-ngomong soal harga memanglah berbeda ,jika per custom mempunyai banderol lebih murah dari sport kit dan yang paling unik kita dapat memesan apakah per berkarakter lebih keras atau lebih empuk dari standar bawaan mobil. Sedangkan dengan sport kit kita hanya dapat mengikuti karakter dari pabrikan per tersebut. Tetapi kelebihan dari keduanya yaitu yang pasti jauh dari presisi antar sisi ketimbang per custom.

Baca Juga : TIPS MEMILIH SPAREPART MOBIL

Berikut ini ada beberapa cara menceper mobil avanza yaitu sebagai berikut :

1. Potonglah shockbreaker atau spring

sport kit

Salah satu cara menceper mobil avanza ini dilakukan sebab harganya yang lebih terjangkau dan dengan cara ini pula dilakukan untuk memotong ulir pernya atau shockbreakernya. Namun ada juga beberapa kelemahan ketika ceper mobil avanza dengan cara memotong per. Salah satunya adalah ceper mobil avanza tidak bisa dilakukan dengan terlalu ekstrim. Perkiraan untuk di potong dua ulir sehingga jarak fender menjadi 2-3. Bukan hanya itu saja namun dengan memotong per juga memotong stopper bagian belakang supaya tidak mentok garden yang dapat mengakibatkan bunyi jedug-jedug. Untuk menghasilkan kinerja suspensi yang aman dan nyaman maka lakukan pemotongan dumper supaya kerja suspensi lebih luas. Selain dengan memotong dua part diatas pun harus mengganti shockbreaker belakang dengan shockbreaker yang lebih pendek dari bawaan avanza atau xenia. Pergantian shock ini berfungsi supaya per tidak lepas ketika mobil sedang dicuci steam gantung dengan hidrolik atau bisa juga saat mobil melewati jalan yang tingginya tidak sama.  

 

Namun ketika pemotongan berlebihan maka dapat mengakibatkan ayunan pada suspensi terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan per longgar dari dudukannya. Untuk itu cara mengatasinya yaitu dapat ditali menggunakan kawat pada bagian atas dan bawah per ke masing-masing dudukannya. Kemudian menggantinya dengan custom atau merk lainnya. Di bagian ujung per ini pun harus di kasih selang untuk mengurangi bunyi akibat mendapat gesekan besi dan mencegah per meleset dari dudukan. Bukan hanya di kasih selang saja, namun per juga harus diikat dengan mangkoknya agar tidak lepas. Sebab per potongan area ini yang menempel pada mangkok hanya di bagian ujungnya saja. 

2. Lakukan penggantian per dengan custom atau merk lainnya 

Salah satu cara menceper mobil avanza ini digunakan menggunakan custom atau per mobil merk lain. Modifikasi ceper ini dengan custom tentunya yang lebih mudah sebab ukuran per sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya. Yang pasti harganya akan lebih mahal. 

Selain mengganti dengan per custom maka menggantinya dengan per mobil merk lain. Lalu per custom atau mobil  merk lain dipotong sesuai dengan keinginan berapa jarak ground clearance yang diinginkan. Untuk meringankan biaya bisa juga untuk mencari shock-shock yang pastinya dengan harga yang lebih murah. Jika per yang memiliki dudukan berbeda tentunya harus di lakukan penyesuain, penyesuaian ini dapat dilakukan dengan cara menaikkan dudukan baut, per, dan stabilizer 5-6 cm atau sesuai dengan kebutuhan saja. Hal-hal seperti ini berguna jika suspensi tetap bekerja sebagaimana mestinya. 

3. Custom FWA dan roda 

Melakukan custom fwa atau front wheel alighment dan roda yaitu menggunakan cara penggantian ukuran velg standar avanza menjadi lebih kecil atau jenis ban yang lebih tipis. Ukuran standar velg avanza adalah 14 inch , tetapi supaya menjadi lebih ceper dapat mengganti ukuran ring 13.Bukan hanya itu saja jenis ban yang digunakan pun dapat diganti dengan ban tampak lebar yang biasanya mempunyai ketebalan lebih kecil. 

Untuk menambahkan ceper mobil avanza dapat dilakukan dengan penyetelan FWA roda.Cara menyetel chamber negatif ini dengan cara angka yang ekstrim dapat mengecilkan ground clearance mobil avanza. Tetapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan. 

sport kit

 

Syarat melakukan ceper mobil avanza supaya tetap nyaman dan empuk 

Berikut ini ada beberapa syarat yang wajib di perhatikan jika akan memodifikasi mobil avanza menjadi ceper antara lain : 

1. Melakukan modifikasi ceper dengan sewajarnya 

sport kit

Jika akan melakukan modifikasi ceper pada mobil avanza namun tetap nyaman dan empuk ketika pengurangan ground clearance tidak boleh berlebihan. Modifikasi ceper mobil avanza ini hanya dilakukan dengan secukupnya saja. Selain dengan memodifikasi ceper mobil avanza untuk contest semata, namun bisa dapat dilakukan dengan ekstrim. 

2. Memperhitungkan dengan sematang-matangnya 

Dalam proses modifikasi perlu diperhitungkan dengan matang agar suspensi dapat bekerja sebagaimana mestinya. Proses modifikasi ini dipastikan tidak akan mengganggu kinerja dari sistem lain kendaraan. Yang paling utama harus memastikan roda masih dapat membelok dengan maksimal atau tidak akan bertabrakan dengan fender mobil lainnya. Selain dengan proses kerja per harus tetap maksimal, yang berarti per dapat beroksilasi dengan sempurna. Dengan demikian seberapa jauh modifikasi ceper juga harus diperhitungkan dengan matang, perhitungan dimulai dari pemotongan per, ukuran shockbreaker yang digunakan, dan juga dudukan per. 

3. Penggunaan komponen berkualitas

sport kit

Modifikasi yang nyaman tentunya memerlukan berbagai komponen yang berkualitas. Biasanya terdapat jenis per dan shockbreaker custom yang dijual dipasaran. Selain itu pun kualitas dari produk shockbreaker tersebut juga tidak sama dengan komponen asli kendaraan. Dengan begitu ketika saat melakukan proses modifikasi juga perlu memperhatikan komponen modifikasi yang digunakan. Memastikan kepada penjual terpercaya yang memang khusus membuat komponen modifikasi atau dengan garis bawah jangan tergiur dengan harga yang murah namun barangnya ternyata palsu. 

Nah itulah perbedaan custom dan sport kit dan cara mudah ceper mobil. Dan juga ada beberapa syarat ceper mobil avanza agar mobil lebih tetap nyaman dan empuk pada saat digunakan. 

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari pergantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Baca Juga : TIPS MEMILIH SPAREPART MOBIL

Bengkel Arum Sari 

-Cepat-Tepat-Bergaransi-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!