Perbedaan, Jenis dan Cara perawatan Aki Mobil

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari Purwokerto – Aki sebagai satu-satunya sumber tenaga listrik yang memberikan daya besar wajib diperhatikan kesehatannya.Bila tidak mobil akan susah dihidupkan,lampu mobil redup sampai mati dan sistem kelistrikannya terganggu.

Ingin mengetahuinya lebih lanjut,yuk simak artikel berikut ini

Dibawah ini ada beberapa jenis-jenis aki mobil yaitu sebagai berikut:

1. Aki mobil basah
Aki basah ini terdapat cairan elektrolit yang membantu aki bekerja.Cairan tersebut mengandung timah antimony yang mudah menguap sehingga untuk mengecek secara berkala mengingat sifat cairannya mudah menguap dan cepat habis.
2. Aki mobil kering
Aki ini perlu mendapatkan perlakuan seperti aki basah,memang sebenarnya sama-sama mengandung cairan elektrolit,aki kering mobil mengandung timah kalsium yang lebih lambat dalam proses penguapannya.
Perawatan aki kering ini tidak membutuhkan pengisian ulang elektrolit seperti pada aki mobil basah.
3. Aki mobil kalsium
Jenis aki mobil ini memang berbeda dengan sebelumnya sebab aki ini terbuat dari material kalsium.
Kelebihannya yaitu aki kalsium ini mempunyai tingkatan penguapan yang lebih kecil dibandingkan dengan aki pada umumnya.Tetapi sangat disayangkan aki kalsium ini kalah populer dengan aki mobil kering atau aki mobil basah.
4. Aki mobil Hybrid
Aki hybrid ini memiliki tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu rutin.Dan kekurangan dari aki mobil ini yaitu cairan elektrolit yang didalamnya sangat berbahaya bagi kulit manusia dan susah ditemukan ditoko-toko otomotif di Indonesia.
5. Aki mobil gel
Jenis aki mobil ini tidak menggunakan cairan elektrolit di dalamnya,melainkan menggunakan gel.Sifat gel ini lebih ramah terhadap kulit manusia yang membuat aki mobil mempunyai tingkat keamanan yang paling baik.

Perawatan sederhana aki mobil

Komponen ini yang paling sering digunakan maka lakukan pengecekan dan perawatan pada keadaan aki,apa saja sih jenis perawatan aki mobil yang bisa dilakukan? Yuk,simak artikel dibawah ini

Perawatan aki mobil
Dalam melakukan perawatan aki mobil ini sangat sederhana,entah itu aki mobil basah atau aki mobil kering.Sebab aki basah mempunyai cairan elektrolit yang lebih mudah menguap,maka harus dilakukan pengecekan rutin terhadap ketinggian cairan pada aki mobil.Berikut ini ada beberapa jenis perawatan aki mobil basah dan aki mobil kering yaitu sebagai berikut:

  1. Mengecek ketinggian volume cairan elektrolit yang terdapat pada aki mobil basah (cairan tersebut harus diantara garis bawah dan garis atas, tidak boleh berlebih atau kurang)
  2. Baik itu aki kering atau aki basah, selalu untuk memastikan keadaan aki,apakah ada retak atau tidak.
  3. Membersihkan kutub negatif dan positif menggunakan sikat kawat/amplas.
  4. Membersihkan kabel penghubung ke aki (warna merah dan hitam) dari kotoran yang menempel
  5. Memanaskan mobil sehari sekali agar aki tetap awet
  6. Matikan komponen kelistrikan yang sebelumnya mesin menyala atau mati
    Memastikan kabel penghubung ke kutub negatif atau positif terpasang dengan erat.

Cara memasang dan melepas aki mobil
Untuk mengganti aki mobil ada dua proses yaitu melepas aki lama dan memasang aki baru.Benar bukan? berikut ini ada beberapa langkah berikut untuk melepas aki dan memasang aki mobil yaitu sebagai berikut:

Cara melepas aki mobil
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan baut,kabel,dan klem pada kutub negatif terlebih dahulu.Biasanya pada kutub negatif aki mobil ini berwarna hitam dan ada juga tanda (-) di dekat kutubnya.Dan yang diutamakan yaitu kutub negatif sebab untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek yang diakibatkan oleh kutub positif yang tersentuh badan mobil. Setelah melepas kabel pada kutub negatif, melanjutkan untuk melepas baut,kabel dan klem pada kutub positif aki mobil.

Cara memasang aki mobil

Cara memasangnya yaitu kabel yang menjadi penghubung kutub positif harus dipasang terlebih dahulu setelah itu memasang kabel penghubung pada kutub negatif yang tujuannya untuk menghindari terjadinya arus pendek pada kutub positif.
Dan yang terakhir itu memastikan semua kabel dan kelm terkunci dengan sempurna.

Nah itulah sedikit informasi mengenai perbedaan,jenis dan cara perawatan pada aki mobil ,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *