Pengertian Angka Dan Huruf Transmisi

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari Purwokerto – Arti kode pada tuas transmisi – Semakin kesini banyak pengemudi kendaraan lebih menyukai yang serba praktis,contohnya mengendarai menggunakan transmisi otomatis dari pada manual .

Yang paling utama yaitu ketika ada kota yang sedang mengalami kemacetan maka apabila menggunakan mobil bertransmisi otomatis tidak akan membuat kaki sebelah kiri terasa nyeri atau pegal dari pada menggunakan mobil manual.

Nah untuk para pengemudi yang baru menggunakan mobil transmisi maka akan terasa canggung karena bentuk tuas yang berbeda otomatis pedal koplingnya pun tidak ada.

Maka dari itu harus mengetahui arti kode huruf dan angka yang ada dituas transmisi otomatis dibawah ini dan berharap nantinya akan lebih mengetahui mengenai mekanismenya.
Mengenal arti kode angka dan huruf Transmisi Otomatis
Ada juga susunan tersendiri dari transmisi otomatis yaitu meliputi P-R-N-D-L, P-R-N-D-2-L, ataupun P-R-N-D-3-2-L dan penjelasannya yaitu sebagai berikut :

1.P ( Parking )
Kode P ini ada paling ujung bagian depan mobil yang bisa diartikan dengan Parking atau parkir. Ketika akan menyalakan mesin mobil ataupun akan memarkirkan mobil,maka tuas transmisi ini harus ditempatkan pada posisi ini. Secara otomatis posisi P ini akan terlock atau terkunci yang mengakibatkan kendaraan tidak bisa dipindahkan ataupun didorong.Maka dari itu kendaraan yang sedang diparkirkan di lokasi miring dan untuk diperkuat dengan menarik tuas rem tangan .

2.R ( Reverse )
Kode R ini yaitu artinya reverse atau kembali,kode tuas ini digunakan untuk memundurkan mobil. Apabila akan memindahkan tuas dari posisi P ke R,ataupun dari posisi D ke R, untuk memastikannya yaitu dengan menginjak pedal rem, sesudah memindahkan tuas ke posisi R maka lepaskan pedal rem secara perlahan bisa juga ditambah gas dan disesuaikan dengan kecepatan kendaraan saat akan dimundurkan.

3.D ( Drive )
Kode D ini artinya yaitu drive, mode drive ini untuk menjalankan mobil dalam kondisi normal dan kondisi jalan yang tidak terlalu ekstrem.Untuk itu posisikan tuas ini pada posisi D dan mainkan pedal gas / rem untuk mengatur laju kendaraan.

4.N ( Netral )
Kode N artinya yaitu Netral yang berarti putaran mesin tidak akan tersambung ke transmisi mobil. Posisi netral ini dilakukan ketika mobil terjebak macet dan bisa juga berhenti sebentar tetapi tetap berada didalam mobil. Dan memastikan juga untuk menarik tuas rem agar lebih aman .

5.2 ( second )
Kode tuas 2 ini diartikan apabila akan melakukan overtake menyalip kendaraan lain didepannya dan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Kecuali menyalip kendaraan lain, posisi tuas 2 ini dipakai untuk melaju kendaraan diarea pegunungan yang dimana jalannya berbukit-bukit ataupun tanjakan yang tidak terlalu ekstrem. Ketika tuas transmisi ini ditempatkan pada posisi ini, ECU transmisi ini pastinya akan mengatur pola gerak pully seakan-akan di ibaratkan dengan mobil manual, ketika sedang menggunakan gigi perseneling nomor 2.

6.L ( Low )
Kode tuas ini digunakan ketika mobil akan melewati jalanan yang berupa tanjakan ataupun turunan ekstrem bila tuas 2 ( second ) tidak bisa menaklukkan medan jalan.

7.S ( Sport )
Biasanya terdapat pada mobil mewah yang berbentuk tombol putar atau knop yang dilengkapi dengan kode S artinya mode sport.

Biasanya tombol O/D ini terdapat pada kendaraan tertentu yang dapat dioperasikan ketika mobil melaju kencang dijalan yang bebas hambatan tujuannya untuk mencapai tenaga sebesar besarnya dengan konsumsi bahan bakar yang serendah-rendahnya.

Untuk yang mempunyai kendaraan baru biasanya ada fitur yang namanya shift lock namun sangat jarang diketahui oleh banyak orang karena fungsi pada tombol ini yaitu memindahkan tuas transmisi otomatis dari posisi P ke N ketika mobil ditinggalkan .Bentuk dari shift itu sendiri yaitu berupa tombol tekan ataupun lubang tusuk menggunakan anak kunci mobil.

Nah informasi yang telah disampaikan semoga bermanfaat .Terimakasih sudah membaca dan dishare artikelnya😄.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *