Skip to content

TIPS MERAWAT MOBIL DIESEL TUA

  • by
Permasalahan Pada Mobil Anda

Tips Merawat Mobil Diesel Tua. Mesin diesel ini memang menjadi favorit bagi sebagian orang sebab performanya yang sangat bertenaga untuk digunakan dalam segala medan. Mesin diesel ini pun menjadi beberapa pilihan masyarakat indonesia. Selain dikenal bandel namun ada beberapa keunggulan mobil yang bermesin diesel yang dibandingkan mesin bensin. Mobil diesel ini didesain dengan getaran yang lebih halus,suara yang tidak terlalu keras, minimnya polusi udara yang dihasilkan , konsumsi bahan bakar sebab mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar.

Bukan hanya itu saja namun mesin diesel ini dikenal lebih tahan lama atau awet, dan juga torsi yang dikeluarkan mobil mesin diesel yang lebih besar. Tak heran bila kini banyak orang yang beralih menggunakan mobil diesel, meskipun sama hal nya seperti mobil bensin,mobil diesel juga harus melakukan perawatan supaya tetap terjaga kualitasnya.Terbilang sederhana namun perawatan mobil diesel ini memang sangat penting untuk dilakukan bila tidak maka umur dari mesin mobil diesel tidak akan lama dan menyebabkan performa menjadi menurun.

Baca Juga : Tips Memilih Sparepart Mobil

Nah, untuk itu perlu melakukan perawatan mesin diesel supaya selalu memiliki performa yang terbaik,berikut ini ada beberapa tips merawat mobil diesel yaitu sebagai berikut :

1.Memanaskan Mesin Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan 

mobil diesel

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat mobil diesel adalah dengan memanaskan setiap harinya sebelum digunakan. Berbeda dengan mobil bensin yang hanya membutuhkan waktu yan cukup lama supaya suhu mesin diesel optimal yang digunakan untuk membakar bahan bakar.Hal tersebut disebabkan mesin diesel tidak dibekali dengan busi , sehingga hanya membutuhkan tekanan udara serta suhu mesin yang tepat. Tujuan dari melakukan pemanasan mesin ini yaitu untuk memberikan pelumasan merata pada seluruh bagian mesin.Pemanasan mesin diesel yang maksimal dapat untuk menghindari kaget pada komponen atau rangkaian mesin yang bergesekan. 

2.Menggunakan BBM atau Solar yang Sesuai 

mobil diesel

Mobil diesel ini menggunakan bahan bakar yang berbeda dari pada mesin diesel terdahulunya.Gunakan solar yang berkualitas, seperti pertamina DEX yang mengandung kadar sulfur yang rendah.Efek dari penggunaan jenis solar ini akan menghindari terjadinya penyumbatan pada bagian saluran pipa common rail injector. Solar yang berkualitas juga dapat meningkatkan performa pada mesin diesel serta pengurangan kadar emisi hingga 5% . Perlu diketahui solar yang berkualitas buruk dengan kadar sulfur yang tinggi dapat menghentikan mesin diesel anda. Solar bersubsidi ini menjadi jenis BBM yang paling rendah dengan CN 48 dan sulfur 3.500 part per million ( ppm ) sedangkan solar yang non-subsidi ini hanya memiliki nilai CN 51 dan kandungan sulfur dibawah 300 ppm.

KONSULTASIKAN SEKARANG YUK!!

mobil diesel tua

3.Penggunaan Oli 

mobil diesel

Mesin diesel yang membutuhkan perawatan yang lebih ekstra pada bagian oli mesin . Oli mesin ini harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil sebab menghindari oli yang murah dan tidak sesuai. Hal tersebut dikarenakan fungsi oli yang tidak hanya mendinginkan mesin namun bisa juga melumasi , membersihkan , dan melindungi mesin anda . Lakukan penggantian oli yang setidaknya setiap jarak menempuh 5000 km dan untuk penggunaan ringan biasanya dilakuakn pada jarak 10.000 km. 

 4.Mengganti Filter Bahan Bakar 

mobil diesel

Jenis bahan bakar seperti solar ini selalu terdapat kandungan air didalamnya . Sedangkan untuk menyaring antara solar dengan air merupakan kerja dari filter bahan bakar. Bila filter bahan bakar tidak diganti dalam waktu yang lama maka air pun akan penuh didalamnya. Hal tersebut ditandai dengan adanya indikator yang menyala pada filter bahan bakar. Bila tidak segera diganti maka air akan masuk ke dalam ruang bahan bakar yang membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna. 

5.Jangan Membiarkan Kondisi Tangki Sampai Kosong 

mobil diesel

Pastikan untuk menjaga keadaan tangki bahan bakar supaya jangan sampai kosong. Untuk itu volume tangki bahan bakar sudah mencapai ⅓ nya, maka segera untuk isi bahan bakar. Bila tidak akan menyebabkan mobil mengalami masuk angin dan mobil tidak bisa dinyalakan atau dihidupkan.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tips merawat mobil diesel tua, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya 🙂

Baca Juga : Tips Cara Memperbaiki Kaki-kaki Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!