Skip to content

KOMPONEN KAKI KAKI MOBIL

  • by

KOMPONEN KAKI KAKI MOBIL 

Komponen pada kaki mobil ini juga sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan pada saat berkendara. Kendaraan yang menampung muatan berat, maka harus mempunyai komponen kaki kaki mobil yang lengkap dan kuat. Jika ada salah satu komponen yang tidak berfungsi dengan baik, maka akan berdampak bagi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Kendaraan roda empat ini sebagai sarana transportasi jarak jauh sepertinya menjadi hal yang cukup tepat untuk digunakan. Namun sebelum digunakan, tidak ada salahnya jika mengecek terlebih dahulu seluruh bagian mobil dan memastikan seluruh komponen dalam kondisi yang baik. Hal seperti ini memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan yang maksimal selama berkendara. Bagian yang paling penting dari kendaraan yang harus dilakukan pengecekan sebelum bepergian jarak jauh adalah bagian dari kaki-kaki mobil. Karena bagian ini merupakan bagian yang cukup fatal jika terjadi kerusakan, maka disarankan untuk mencari bengkel kaki kaki mobil terdekat.

Perbaikan kaki-kaki mobil pun bisa dibilang tidak terlalu mudah kecuali penggantian roda yang kempes atau bocor. Perawatan mobil untuk keseluruhan bagian dan komponen yang menjadi hal penting untuk selalu dilakukan. Dan berikut ini ada beberapa komponen beserta fungsinya. 

BACA JUGA : TIPS MEMILIH BENGKEL SPESIALIS KAKI MOBIL YANG BAGUS SEKALIGUS BENGKEL MOBIL ONLINE PURWOKERTO

1. Suspensi (Shockbreaker) 

Komponen pada kaki kaki mobil adalah salah satunya suspensi atau shockbreaker. Fungsi utama dari suspensi shockbreaker ini adalah sebagai peredam kejut atau getaran yang terjadi saat kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak merata akan membuat pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman. Suspensi ini terletak di antara roda dan juga rangka bodi mobil. Shockbreaker ini dibuat dan digunakan sesuai dengan jenis kendaraan, sebab pada teknik otomotif ini terdapat berbagai macam jenis suspensi pada kendaraan independent dan juga rigid. 

Kendaraan yang bertipe independent ini bisa membuat roda dapat bergerak bebas sebab roda kiri dan kanan ini tidak dihubungkan ke acle. Jadi, untuk pergerakan roda ini tidak saling mempengaruhi. Tipe seperti ini sudah banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran yang terbaru dan harganya pun lebih mahal karena konstruksinya akan lebih rumit. Suspensi ini memberikan kenyamanan yang tinggi untuk penumpang mobil dan juga yang paling penting untuk pengemudi. 

KOMPONEN KAKI MOBIL

Kendaraan yang bertipe rigid ini pun tidak akan bergerak bebas sebab axle ini terhubung langsung pada mobil dan frame pegas. Pada saat di jalanan yang tidak rata, maka kedua roda akan saling mempengaruhi. Letak suspensi ini berada pada posisi belakang body mobil, tepat pada bawah kursi duduk penumpang belakang. Dan suspensi ini pun sangat cocok untuk digunakan pada mobil yang membawa beban berat(muatan berat), contohnya bus atau truk.  

2. Roda Mobil 

Roda pada mobil ini juga salah satu dari komponen kaki kaki mobil yang mempunyai peranan paling utama dalam sebuah kendaraan. Roda ini pun menjadi bagian yang mungkin paling mudah dilihat. Dan apapun jenis kendaraannya pasti memiliki roda. Fungsi pada roda atau ban pada sebuah mobil yaitu antara lain sebagai : 

  1. Menahan seluruh muatan/beban berat kendaraan .
  2. Bantalan pada penghubung langsung antara permukaan jalan dan kendaraan .
  3. Menjadi salah satu pengatur kenyamanan laju kendaraan pada saat berada pada permukaan jalan yang tidak merata. 

Ban atau roda umumnya berbentuk bulat, namun membuat laju kendaraan akan terasa lebih nyaman. Dengan adanya ban ini menjadi salah satu komponen kaki kaki mobil yang sangat penting untuk selalu di cek kondisinya sebelum melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Ban sendiri pun memiliki jenisnya sendiri. diantaranya yaitu : 

  1. Ban Tubeless, ini biasanya hanya terdiri dari ban luar, pentil dan velg 
  2. Ban TubeType, biasanya jenis ban ini mempunyai beberapa bagian penting yaitu ban dalam, ban luar dan juga pentil 
  3. Ball Joint

per daun mobilKomponen kaki kaki mobil ini dinamakan sebagai ball joint, yang mana komponen ini mempunyai beberapa fungsi salah satunya sebagai sumbu roda jika kendaraan akan berbelok, bukan hanya itu saja fungsi pada ball joint ini juga sebagai penghubung antara knuckle roda dengan sayap atau arm. Oleh karena itu ball joint ini bisa dibilang sebagai komponen yang cukup vital bila terjadi kerusakan, sebab bisa menyebabkan bunyi-bunyi yang tidak diinginkan seperti gludug-gludug ketika mobil berjalan. Terutama pada saat melewati jalanan yang tidak rata. Ball joint ini berada di dudukan roda dan berfungsi sebagai 

penghubung lengan ayun sehingga suspensi ini lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas dari chasis roda. 

Kerusakan pada ball joint ini ada beberapa cara mengetahui ball joint rusak yaitu dengan cara mendongkrak pada bagian depan mobil kemudian letakkan linggis di antara ball joint dan pada sisi lain yang juga sebagai dudukan roda. Gerakkan linggis harus naik dan turun. Selanjutnya cek apakah mur pengancingnya kencang atau tidak. Bila pengancingnya keras namun longgar, berarti ball joint tersebut harus diganti. Kerusakan pada ball joint ini pun akan membuat ban cepat bergelombang atau aus. 

  1. Laher atau Bearing 

Komponen kaki-kaki mobil ini juga sering disebut masyarakat dengan nama laher atau bearing. Bearing atau laher ini juga merupakan salah satu komponen kaki kaki mobil yang berfungsi sebagai bantalan pada roda. Dimana komponen ini sangat berpengaruh pada putaran roda dan juga kestabilan laju kendaraan. Bahkan komponen yang rusak ini akan membuat mobil bunyi klethek-klethek pada bagian roda. Dan pastinya akan menyebabkan perjalanan tidak akan terasa nyaman. 

Bearing yang rusak ini membuat roda cepat bergetar, panas bahkan komponen putar didalamnya mengalami patah, kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh usia pakai, pemakaian, dan kualitas barang. Gaya berkendara yang ugal-ugalan ini akan membuat bearing atau laher ini cepat rusak. Kerusakan akan terasa jika terdengar suara bergemuruh yang berasal dari laher depan saat mobil melaju di kecepatan 40-50 km/jam. Semakin tinggi kecepatan mobil maka semakin terdengar suara lebih berisik. 

Cara untuk melakukan pengecekan bearing ini rusak atau tidak yaitu dengan cara mendongkrak mobil sampai roda depan terangkat dan tidak akan menyentuh tanah, kemudian putar ban searah jarum jam. Jika terdengar suara getaran atau berderit ini memungkinkan bahwa laher ini sudah aus atau kering. Gerakannya pun tidak wajar atau oblak yang berarti bearing sudah mulai rusak. 

  1. Tie rod 

Komponen kaki kaki mobil ini bernama tie rod. Komponen yang salah satunya berhubungan langsung dengan sistem setir mobil. Yang dimana komponen ini akan dapat membuat mobil langsung bisa membuat mobil bergerak ke arah kanan maupun kiri sesuai dengan pengendalian kemudi. Apabila terjadi kerusakan pada bagian tie rod mobil, maka tentu saja hal yang paling awal dilakukan adalah sistem kemudi, sistem kemudi ini akan bisa dirasakan langsung oleh pengemudi. 

Penyebab pada tie rod longgar ini adalah benturan keras atau usia pakai komponen ti eod ini yang sudah lama. Gejala pada kerusakan tie rod ini dapat terasa ketika melaju di jalanan yang berlubang. Untuk pengecekan bisa menggunakan dongkrak mobil dan menggoyangkan roda ke kanan dan juga kiri. Kalau roda bergoyang, kemungkinan tie rodnya mengalami kerusakan. 

Itulah beberapa komponen kaki kaki mobil beserta fungsi dari masing-masing komponen, apabila sudah mengetahui komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan, maka segera untuk membawanya ke bengkel kaki kaki mobil terdekat anda agar langsung ditangani oleh mekanik yang ahli dalam bidang tersebut. 

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. Bengkel Spesialis Kaki Kaki Mobil. 

 

Bengkel Arum Sari 

-Cepat-Tepat-Bergaransi-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!