Skip to content

Berbagai Macam Bunyi-bunyian di Kaki-kaki Mobil

  • by
kaki-kaki mobil

Berbagai Macam Bunyi-bunyian di Kaki-kaki Mobil. Suspensi pada mobil atau pada bagian kaki-kaki mobil yang sudah berumur biasanya sering mengeluarkan bunyi-bunyian yang sangat mengganggu pengendara saat melakukan perjalanan. Bukan hanya itu saja biasanya ada faktor lain seperti faktor usia kendaraan. Kaki mobil bunyi klutuk, kaki mobil bunyi saat belok, kaki mobil berdecit, kaki mobil bunyi ngik, kaki mobil bunyi berdecit  juga dapat disebabkan oleh faktor cara berkendara. Untuk mengetahui keadaan kaki-kaki mobil sebenarnya sudah ada ciri-ciri yang bisa diketahui. Namun sayangnya sering sekali kaki-kaki mobil yang sudah rusak ini diabaikan oleh sang pemilik/pengguna kendaraan.

Komponen yang sangat penting ini terdapat pada bagian kaki-kaki mobil. Sebab pada bagian ini pun menjadi salah satu komponen yang paling ringkih sebab terus bergerak selama kendaraan yang dijalankan. Apalagi ketika kendaraan tersebut menghantam polosi tidur, terkena lubang, dan melewati jalanan rusak. Keadaan kaki mobil bunyi saat belok maupun dalam keadaan lurus merupakan salah satu gejala permasalahan pada suspensi yang harus diperhatikan dan ditangani dengan cepat dan tepat. Namun apabila kendaraan sering melewati jalanan rusak atau berlubang maka akan semakin cepat pula mengalami kerusakan. Keawetan pada bagian kaki-kaki mobil itu pun akan sangat terpengaruh oleh gaya berkendara sang pemilik mobil. 

Penyebabnya kira-kira kenapa yaa???

Yuk langsung saja baca artikel di bawah ini supaya anda mengetahui penyebab bunyi-bunyian yang terdapat pada kaki-kaki mobil anda.

Penyebab Bunyi-Bunyian Di Kaki-Kaki Mobil 

1.Kaki Mobil Bunyi Klutuk

Berbagai Macam Bunyi-bunyian di Kaki-kaki Mobil

Kaki mobil yang mengeluarkan bunyi klutuk-klutuk ini pada umumnya disebabkan oleh kerusakan yang dialami oleh komponen suspensi. Berikut ini ada berbagai macam kerusakan yang menimbulkan kaki mobil bunyi klutuk-klutuk, antara lain sebagai berikut : 

KONSULTASIKAN SEKARANG YUK!!

Kaki Mobil

  • Kerusakan pada Stabilizer

Kerusakan pada stabilizer bar ini dapat membuat kaki-kaki mobil bunyi klutuk-klutuk akibatnya cara kerjanya yang didesain untuk membantu ban mobil bermanuver. Bukan hanya itu saja kerusakan pada stabilizer bar ini juga dapat membuat mobil menjadi limbung sehingga kendaraan menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan kaki-kaki mobil tidak optimal seperti biasanya. 

  • Shock Absorber Bermasalah 

Kerusakan pada shock absorber ini diakibatkan oleh adanya gerakan suspensi yang berlebihan dapat membuat roda depan maupun roda belakang mobil bunyi kletek-kletek/klutuk-klutuk pada saat digas, terlebih ketika melewati jalan berbatu. 

  • Kerusakan pada Tie Rod End

Melemahnya ball joint pada komponen ini dapat membuat mobil bunyi klutuk-klutuk, bahkan dapat menyebabkan setir menjadi oleng dan membahayakan pengendara. 

  • Wheel Bearing Mengalami Masalah 

Permasalahan pada wheel bearing, pada komponen ini mengalami bengkok atau bahkan hancur, maka dengan begitu wheel bearing ini akan menimbulkan bunyi-bunyian yang dapat mengganggu pengendara ketika sedang berkendara. Apabila laju kendaraan anda semakin kencang, maka suara yang akan ditimbulkan itu pun menjadi semakin terdengar. 

Baca Juga : Permasalahan Yang Sering Muncul Ketika Mobil Jarang Dipakai

2.Kaki Mobil Berdecit

Bunyi di Kaki Mobil

Kaki mobil berdecit ini ada berbagai macam penyebab. Berikut ini ada berbagai macam kerusakan yang menimbulkan kaki mobil bunyi berdecit, antara lain sebagai berikut : 

  • Kampas Rem Kotor 

Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh adanya desain jenis rem cakram mobilnya terbuka, sehingga semua jenis kotoran dari luar itu akan masuk ke kampas rem. Namun jika kampas remnya sudah kotor maka akan berdebu maupun berkerak yang bisa menimbulkan bunyi pada roda mobil ketika rem diinjak, atau sampai terdengar suara “cit-cit”. 

  • Per Daun Kering 

Per daun ini hanya ditemui di kendaraan-kendaraan besar seperti mobil niaga maupun truk. Namun semakin besar bobot mobil, maka per daun juga semakin banyak. Dan bunyi cit-cit pada roda mobil itu bisa disebabkan oleh adanya per daun kering akibatnya kurang pelumas.

  • Sudut Roda Mobil Tak Seimbang 

Sudut pada roda mobil itu salah satu nya seperti caster, toe-in/toe-out, camber yang sudah di set dengan pas ketika mobil masih berada di pabrik. Namun jika sudut roda ini sampai bergeser, mobil yang sering digunakan sehingga menyebabkan perubahan pada sudut belok mobil. 

  • Sudut yang Belum Tepat

Sudut yang belum tepat ini pun dapat membuat bunyi-bunyian salah satunya cit-cit pada mobil ini ketika berbelok. Permasalahan pada sudut roda mobil yang kurang tepat ini biasanya ada pada kemudi yang bisa disebut dengan spooring. Hal-hal seperti ini pun dapat disebabkan oleh adanya toe-in yang belum tepat atau rolling camber. Alangkah baiknya carmudin harus memahami asal bunyi-bunyian dan gejalanya terlebih dahulu. 

  • Tekanan Angin Ban Mengalami Kekurangan 

Tekanan angin pada ban mobil ini bila tidak sesuai maka akan menjadi sumber bunyi decitan pada roda mobil tersebut, serta besar gesekan antara permukaan bannya dengan aspal. Namun jika carmudin mendengar suara decit pada mobil, setel terlebih dahulu tekanan pada angin ban yang sesuai dengan standar. Permasalahan pada kaki mobil  berdecit ini diakibatkan oleh adanya compound ban yang terlalu lunak. Compound ban lunak ini memang sangat dibutuhkan oleh kendaraan / mobil sebab daya cengkeramnya ke aspal semakin baik tetapi bisa juga berisiko lebih cepat terkikis sehingga menimbulkan friksi yang besar antara ban dan aspal jalan. Jadi, sebaiknya menggunakan model compuond ban yang hanya di pakai kondisi jalanan yang basah. 

  • Mempunyai Suspensi Macpherson 

Kendaraan yang memiliki suspensi macpherson ini menjadi salah satu kelemahan, yaitu terdengar suara bunyi tek-tek ketika mobil berbelok. Hal seperti ini disebabkan mobil dengan suspensi tersebut hanya memiliki satu buah arm, maka pada saat mobil sedang berbelok, bentuk sudut camber ini juga akan berubah. 

  • Belt 

Bila ada bunyi berdecit pada mobil carmudian, menandakan bahwa mobilnya memiliki masalah seperti kerusakan baik pada komponen luar maupun dalamnya. Namun bisa juga bunyi berdecit ini pada roda mobil yang baru dihidupkan bisa disebabkan oleh belt (sabuk) mobilnya. Belt berfungsi untuk pemutar komponen di mesin mobil, seperti kompresor AC, pompa oli, kipas pendingin radiator dsb.

Itulah beberapa macam bunyi-bunyian yang terdapat pada kaki-kaki mobil, semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai bunyi-bunyian pada kaki-kaki mobil dan dapat mengetahui penyebab nya. 

Apabila menemukan bunyi berisik seperti kaki mobil bunyi klutuk, kaki mobil bunyi saat belok, kaki mobil berdecit, kaki mobil bunyi ngik pada mobil yang harus di waspadai seperti di atas, maka segera konsultasikan dengan bengkel terpercaya anda dan yang pasti harus sudah berpengalaman dalam bidangnya ya, jangan sampai salah pilih bengkel ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki-kaki mobil dari pergantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Baca Juga : Kaki-kaki Mobil juga Butuh Perhatian

Bengkel Arum Sari 

-Cepat-Tepat-Bergaransi-

  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!