Jenis-Jenis Kerusakan Pada Kaki-kaki Mobil

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari purwokerto – Kerusakan pada kaki- kaki mobil yaitu  hal yang sangat buruk dan juga  keberadaan fitur fast moving dengan slow moving yang hampir sama. Kinerja yang sangat mempengaruhi kestabilan pengendalian yang akan sangat fatal untuk sebuah mobil.Maka untuk itu wajib  bersabar dan telaten untuk memperhitungkannya.Karena komponen kaki-kaki ini indikasi kerusakannya langsung terasa serta tidak khusus. 

Berikut ini Jenis-Jenis  Kerusakan Kaki-kaki Mobil

1. Ball Joint

 

Apabila ball joint sudah afkir maka akan sangat terasa saat melibas jalur keriting atau bergelombang,sebab akan memunculkan bunyi kletek-kletek dan juga roda terasa bergoyang. Dan pastinya getaran itu akan  merambat sampai  ke lingkar setir. Untuk membetulkan pengecekan,diiringi dengan pengamatan langsung  terhadap permukaan ban.

Apabila ball joint terkena maka camber pun pastinya akan berganti dan kondisi ban yang kemakan sebelah ,untuk memastikannya dongkrak mobil sampai roda berbalik dengan sangat leluasa.

Setelah itu letakkan kedua tangan di posisi atas dasar roda, dan digerakkan dengan cara menarik dan mendorongnya.Apabila terasa oblak berarti prediksi kehancuran ball joint benar adanya.Maka dari itu ubah dengan yang  baru. 

2. Tie Rod

Tie rod dibagi menjadi 2 yaitu long tie rod dan tie rod end.terdiri atas long tie rod serta tie rod end.Apabila tie rod end ini telah oblak, sampai  tidak bisa memegang roda dengan sempurna.

Maka dari itu arah roda( toe in/ toe out) akan  berganti. Akibatnya mobil akan terasa melayang apalagi ketika pada jalur lembut sekalipun. Tetapi apabila cuma sebelah yang rusak, maka arah mobil akan lari ke kiri- kanan.Tidak cuma itu,ketika  terserang lubang jalur yang tidak seberapa besar, setir terasa liar.

Cara mengeceknya yaitu pada gerakkan roda dengan cara memegang sisi kanan dan kiri ban menggunakan tangan. Lalu goyang- goyangkan ke depan serta balik, cermati indikasi yang timbul. saat tie rod maupun long tie rod rusak, maka hendaknya timbul indikasi roda yang oblak. Apalagi  berbunyi klotok- klotok. Sampai tidak ada jalur lain, tidak hanya mengubahnya.

3. Bearing

Bunyi yang ditimbulkan bearing maka ketika sudah aus,akan berbeda dengan komponen pada kaki-kaki mobil. 

Saat akan dibelokkan ke kiri, roda kanan dapat beban lebih sedangkan beban roda kiri menurun.Karena beban kiri menurun sampai bunyi pada laher juga lenyap.Sedangkan bearing kanan masih bagus, karena tidak mengeluarkan bunyi .

4. Bushing

Car Bushing pendukung dalam kaki- kaki mobil,yang terdapat pada sebagian komponen yang mengenakan bushing. Seperti stabilizer dan swing arm ataupun lengan ayun.

Apabila bushing stabilizer jebol akan membuat bunyi- bunyian terasa limbung saat melahap tikungan. Namun apabila bushing arm rusak akan menimbulkan mobil terasa melayang.

5. Sokbreker

Cara untuk mengetahui bahwa sokbreker kurang baik yaitu Tekan ujung kap mesin atau bagasi mengenakan tangan setelah itu lepaskan.

Apabila sokbreker baik, maka akan  membagikan ayunan body yang terjadi sekali. Kebalikannya,apabila ayunan bodi terjadi secara berulang-ulang, maka sokbreker tersebut sudah rusak.

Tidak cuma itu, apabila tipe sokbreker- nya berisi oli, sehingga kerusakan dapat terdeteksi dengan adanya  rembesan oli yang keluar dari sokbreker.

Cara memeriksanya yaitu dengan cara mendongkrak mobil dengan memandang kondisi tabung sokbreker.Konsumsi yang besar, membuat getas rusak.Apabila menemui bushing yang pecah atau sudah berganti wujud maka segera untuk diubah.

6. Per

Pada komponen kaki-kaki yang lain memang per tidak tercantum yang tidak sering bermasalah.Tetapi bukan berarti menyepelekan fitur ini.Apabila sudah rusak maka mendeteksi gejalanya sangat sulit. 

Yang paling utama terjadi kehancuran yaitu konstruksi per daun.Yang sangat gampang dideteksi.

Masalah ini biasanya dari bunyi-bunyian yang berderit, mengakibatkan bersentuhannya bilah- bilah per satu dengan yang lain.Apabila  dibiarkan akan menyebabkan menggerus antar bilah dengan membuat per daun patah. Karena itu segera ubah dengan yang baru.

Harus sesering mungkin dibersihkan,dan terutama ketika  sehabis hujan. Jangan sampai air berkumpul di selang, karena akan berpotensi membuat besi per berkarat dan patah.

7. Ban

Keadaan ban yang aus bisa ditemukan hanya dengan melihatnya secara langsung.Apabila keausan tidak menyeluruh maupun melebihi batasan toleransi ,maka untuk segera mungkin ban diganti dengan baru.

Tidak cuma itu, agar pengendalian mobil terpelihara serta tepat, sampai tekanan angin juga harus di jaga. Maka dari itu akan berdampak baik terhadap mengkonsumsi bensin yang wajar dan penggunaan bensin yang wajar akan sangat berarti ke permukaan jalur yang pastinya kan terpelihara.

8. Velg

Untuk mengetahui kehancuran dan kerusakan, sama halnya seperti mengecek ban.Apabila ada velg yang peyang maka akan dideteksi saat dalam kondisi jalur.Jika cocok jalur velg goyang mungkin velg peyang disatu bagiannya.

Karena itu,saat velg bengkok dikala berbalik,maka kendai mobil liar rentan membuat pelek rusak.

Dan untuk mengecek pelek mengalami kehancuran biasanya terletak pada bagian ini.Hindari permukaan jalur yang berlubang agar kondisi velg ban terpelihara.

Namun apabila sudah rusak jangan langsung membuang velg tersebut.Karena banyak gerai-gerai yang me-repair velg yang rusak itu. 

9. Spooring

Spooring biasanya diakibatkan keausan pada ban membuat mengecek setelan spooring dapat dicoba saat mobil melaju pada permukaan jalur lembut yang lurus.

Caranya, tempatkan pada posisi setir lurus, lalu jalankan mobil di kecepatan dekat 40-60 kilometer/ jam. Maka cermati arah laju mobil. Bila melenceng/ menarik ke sisi kiri ataupun kanan, spooring sudah berganti dan harus ditilik ulang.

10. Rem

Cara mengetahui kehancuran pada perangkat rem kaki-kaki mobil yaitu mesti dicermati terlebih dahulu lalu tekan secara tertib pedal rem.

Cara yang kedua yaitu  jalankan mobil selama kira- kira 40- 60 kilometer/ jam, terus injak rem.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai 10 jenis kerusakan kaki-kaki mobil,semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *