Skip to content

CIRI-CIRI KERUSAKAN PADA KAKI-KAKI MOBIL

  • by

CIRI-CIRI KERUSAKAN PADA KAKI-KAKI MOBIL 

CIRI-CIRI KERUSAKAN PADA KAKI-KAKI MOBIL – Kaki-kaki mobil ini adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Kondisi kaki-kaki mobil ini memang ada beberapa ciri-ciri kerusakan namun kerap kali diabaikan oleh pemilik kendaraan. Meskipun begitu, pada bagian ini menjadi salah satu komponen yang paling ringkih karena akan terus bergerak selama kendaraan yang dijalankan. Apalagi ketika sedang berkendara dan melewati jalanan yang berlubang atau rusak, menghantam polisi tidur maka akan semakin cepat kerusakannya. Produk pada kaki-kaki mobil akan awet atau tidaknya sangat dipengaruhi oleh pengendara mobil.  

Berikut ada beberapa ciri-ciri kaki-kaki mobil mengalami kerusakan antara lain sebagai berikut : 

 

  1. Setir akan terasa bergetar atau tidak lurus 

Ciri-ciri yang paling mudah diketahui dan dirasakan ketika kaki-kaki mobil sudah mulai mengalami kerusakan yaitu setir akan terasa bergetar dan menyebabkan tidak lurus. Pada saat sedang berjalan setir biasanya akan lebih terasa bergetar dibandingkan biasanya. Dan juga setir akan terasa agak lari larian ke kanan atau ke kiri. Untuk mengetahui setir bergetar, anda harus melakukan tes mengemudikan mobilnya ketika berada di jalanan yang mulus dan lurus. Sebab saat anda jalan melewati jalanan yang bergelombang akan membuat anda kurang merasakan gejalanya. Namun bila sudah merasakan gejala tersebut, alangkah baiknya langsung dilakukan pengecekan di bengkel kaki – kaki mobil terdekat. Karena bila ditunda-tunda maka biasanya kerusakan itu akan merambat ke bagian-bagian yang lainnya. 

 

      2. Tapak ban agak miring sebelah 

Maksud dari tapak ban miring sebelah itu adalah kontur tapak ban berbeda, contohnya ban yang tapaknya sudah mulai tampak habis di sisi kanan dan kiri saja. Keadaan seperti ini seringnya terjadi pada permukaan tapak ban yang terkikis tidak merata. Selain berpengaruh pada fungsi ban, kerusakan pada shockbreaker ini akan menyebabkan rembesan pada oli itu akan menetes ke luar dari komponen tersebut. Agar mengetahui kaki-kaki mobil itu mengalami kerusakan atau tidaknya adalah dengan cara menggenjotkan ujung kap mesin atau pada bagasi mobil yang ke beberapa kali menggunakan tangan. Jika mobil hanya berayunkan sekali saja setelah mendapatkan tekanan tangan yang dilepaskan dari kap, itu pertanda adanya shockbreaker anda masih baik. Namun jika mobil sampai berayun ke beberapa kali, maka sudah pasti shockbreaker mengalami kerusakan atau sudah waktunya harus diganti. Permukaan tapak ban ini akan menjadi tidak rata, yang pastinya akan membahayakan pemilik mobil ketika berkendara pada kondisi hujan, ban akan menjadi licin. Hal tersebut dapat menjadi ciri-ciri kaki-kaki mobil sudah mulai mengalami kerusakan. Oleh karena itu tidak boleh anda diamkan saja sebab semakin lama ban akan semakin habis atau gundul. 

 

      3. Timbul bunyi-bunyian pada roda bergoyang 

Salah satu ciri-ciri yang paling mudah untuk diketahui dari kaki-kaki mobil yang sudah rusak yaitu dengan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bila anda terdapat bunyi-bunyian seperti gludug-gludug atau klethek-klethek pada bagian roda, itu disebabkan ada salah satu komponen yang tidak beres. Kaki-kaki pada mobil yang bagus itu tidak akan menimbulkan suara-suara yang aneh. Jika sudah berbunyi seperti itu artinya kaki-kaki mobil sudah lumayan parah. Bunyi-bunyian yang disebabkan oleh adanya komponen kaki-kaki mobil yang seharusnya sudah melakukan pergantian. Bukan hanya itu saja, bunyi jedug-jedug ini pun termasuk pertanda. Biasanya bunyi-bunyian seperti ini dihasilkan oleh adanya shockbreaker yang mulai melemah. Pengaruhnya akan ada bantingan yang menjadi lebih keras dibandingkan biasanya. Bila sudah begini, maka siapkan dana untuk melakukan penggantian shockbreaker baru supaya menjadi lebih empuk kembali. 

 

sistem suspensi

 

     4. Rem sudah tidak enak dipakai 

Rem akan berkurang enak ketika pada saat diinjak juga bisa menandakan ciri-ciri kaki-kaki mobil mulai mengalami kerusakan. Atau mungkin saja dapat menjadi pertanda kerusakan pada bagian-bagian kaki-kaki. Ketika melakukan pengereman itu biasanya setir agak sedikit lari ke kanan atau kiri, dan jalankan mobil dalam kecepatan yang sedang antara jarak 40-60 km/jam, kemudian dengan injak rem. Namun jika anda membutuhkan tenaga lebih banyak untuk menginjak pedal rem demi menghentikan mobil. Maka kemungkinan besarnya adalah booster rem mengalami kerusakan. hal tersebut masih belum jelas akan membuat pengemudi menjadi tidak nyaman ketika dipakai dan akan membahayakan diri sendiri atau bahkan orang lain. Namun biasanya rem bisa dilakukan dengan mudahnya, namun tiba-tiba terasa ngelos saja tetapi bisa menjadi ciri-ciri lainnya. Dan usahakan untuk segera periksa bagian rem dan kaki-kaki mobil bila sudah merasakan gejala seperti ini. Dan rem bukanlah hal yang dapat dikompromi, karena rem yang menyangkut keselamatan diri sendiri dan bahkan bisa sampai ke orang lain. Sebaiknya anda ketika akan mengeluarkan uang untuk memperbaiki rem dibandingkan dengan mobil yang menjadi rusak sebab tidak bisa mengerem atau malah akan memperburuk keadaan atau bisa kehilangan nyawa. 

 

    5. Mobil mengalami limbung ketika kecepatan tinggi 

Ciri-ciri yang lainnya dapat anda rasakan dari ciri-ciri kaki-kaki mobil yang rusak yaitu dengan cara melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Seperti halnya saat berada di jalan tol yang setir nya agak terasa bergetar ke kanan atau ke kiri. Bahkan bisa sampai terasa menjadi limbung. Komponen pendukungnya adalah bushing, gunanya untuk menstabilkan gerakan kendaraan ketika di tikungan. JIka bushing ini rusak, maka akan muncul suara klethek-klethek, mobil pun akan terasa melayang dan limbung jika harus berbelok. Gejala-gejala tersebut adalah ciri-ciri dari mulai rusaknya kaki-kaki mobil dan akan terasa ketika mobil melaju dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Dalam kecepatan rendah itu tidak akan terasa. Untuk itu kurangi kecepatan sebab sangat membahayakan keselamatan nyawa anda atau orang lain. 

 

    6. Mobil akan sulit dikendalikan

Gejala ini akan dirasakan ketika kecepatan rendah atau kecepatan tinggi. Bila di kecepatan rendah akan sulit dikendalikan, usahakan jangan menambah kecepatan. Karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain bila tidak bisa mengendalikannya.  

BACA JUGA : CARA KERJA SISTEM SUSPENSI MOBIL TERBAIK

Itulah beberapa ciri-ciri kaki-kaki mobil mengalami kerusakan, semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai ciri-ciri kaki-kaki mobil mengalami kerusakan.

Apabila menemukan bunyi berisik seperti kaki mobil bunyi klutuk, kaki mobil bunyi saat belok, kaki mobil berdecit, kaki mobil bunyi ngik pada mobil yang harus diwaspadai seperti di atas, maka segera konsultasikan dengan bengkel terpercaya anda dan yang pasti harus sudah berpengalaman dalam bidangnya ya, jangan sampai salah pilih bengkel per mobil ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!