Booster Rem Mobil Mengalami Kerusakan

  • by

Bengkel kaki mobil Arumsari purwokerto – bBooster rem adalah salah satu perangkat yang masuk dalam perangkat pengereman dan komponen ini memiliki peranan dalam melakukan tindakan pengeraman.

Fungsi booster rem ini yaitu untuk membantu meringankan injakan pedal ketika akan mengerem, begitu pula dengan kaki tidak akan terasa pegal dan rem mobil akan lebih pakem.

Booster rem mengalami kerusakan?


Apabila booster rem ini rusak maka akan mengganggu pengereman kendaraan,yaitu kerasnya pedal rem ini ketika akan diinjak dan rem menjadi tidak pakem.Biasanya kerusakan pada booster rem ini terdapat gejala-gejala yang akan menimbulkan pengoperasian rem . Dan berikut gejala-gejala yang dialami booster rem mobil mengalami kerusakan yaitu sebagai berikut :

  1. Kerasnya pedal rem
    Kerusakan ini menyebabkan kerasnya pedal rem ketika akan diinjak dan pedal rem tersebut terasa tidak turun ketika akan menginjaknya sekuat tenaga.Kerasnya pedal rem ini ketika akan diinjak membuat tekanan oli master rem menjadi berkurang sehingga terjadinya rem blong.
  2. Mesin mobil susah idle
    Mesin booster rem ini terdapat selang yang dihubungkan pada bagian manifold mesin mobil guna mendapatkan kevakuman. Dengan demikian apabila ada kebocoran pada sistem booster rem, maka mesin mobil akan menjadi susah idle.
  3. Mesin mobil susah idle
    Mesin booster rem ini terdapat selang yang dihubungkan pada bagian manifold mesin mobil guna mendapatkan kevakuman. Dengan demikian apabila ada kebocoran pada sistem booster rem, maka mesin mobil akan menjadi susah idle.
  4. Mesin mobil pincang / ngginjal saat di rem
    Kebocoran pada perangkat rem booster ini membuat keadaan mesin menjadi susah untuk bisa idle.

Penyebab kerusakan pada booster rem mobil rusak yaitu sebagai berikut :
Adanya kerusakan membran karet atau diafragma dalam booster rem ataupun seal seal yang ada.


Masuknya oli mesin kedalam booster rem pada mobil bermesin diesel.
Rusak pada pompa kevakuman khusus pada mobil bermesin diesel.
Adanya kebocoran pada selang vakum
Adanya kotoran yang menyumbat dan menumpuk pada selang

Apabila mengalami masalah seperti itu maka segera lakukan perbaikan dan memastikan bahwa kerusakan tersebut bener adanya maka segera perbaiki booster rem dibengkel terdekat anda.Tetapi jika tidak bisa diperbaiki maka terpaksa untuk diganti yang baru.

Nah itulah sedikit informasi mengenai penyebab booster rem mobil rusak ,semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *