Skip to content

Bengkel Kaki Kaki Terdekat : Kerusakan Pada Kaki-Kaki Mobil Yang Sering Terjadi

  • by

Bengkel MobilKerusakan pada kaki-kaki mobil ini memang sangat sering terjadi oleh para pengemudi kendaraan apalagi jika melakukan perjalanan jauh yang pastinya menginginkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Untuk itu memastikannya dengan hal-hal tersebut yang pasti keadaan dari semua komponen mobil itu harus dalam kondisi yang baik. Komponen pada kaki-kaki mobil ini juga ada beberapa bagian yang dapat mengalami gangguan, gangguan itu yang akan menimbulkan ketidaknyamanan selama perjalanan. Permasalahan yang sering terjadi pada kaki-kaki mobil ini akan menyebabkan laju pada kendaraan mobil yang menjadi bergelonjak, berat serta kurang tenang. Sebab alasan tersebut menjadi keadaan kaki mobil ini tetap harus dalam kondisi yang baik selama dalam perjalanan. Namun terkadang juga terdapat masalah pada bagian kaki-kaki mobil yang akan menyebabkan gangguan dan ketidaknyamanan pengendara. Berikut ini ada beberapa masalah yang sering terjadi pada kaki-kaki mobil ini yaitu sebagai berikut : 

sistem suspensi

1.Shockbreaker 

Komponen pada shockbreaker ini memiliki beberapa fungsi yang paling utamanya adalah untuk meredamkan guncangan yang ada pada mobil yang sedang melaju. Komponen suspensi ini terbuat dari material baja yang nantinya akan membantu pegas supaya dapat menopang berat dari mobil beserta muatannya. Untuk itu karena seringnya menahan beban yang berlebihan ini akan membuat daya tahan pada shockbreaker ini akan menjadi berkurang. Bila terjadi hal-hal yang membuat tidak nyaman ketika berkendara dan membuat mobil agak terasa limbung ketika digunakan apalagi ketika digunakan dalam keadaan yang dapat melaju kencang. Untuk itu cara mengetahuinya adalah dengan cara melakukan percobaan untuk mendengarkan apakah ada suara yang menyebabkan terganggu ketika mobil sedang dikendarai dalam kecepatan yang tinggi. Cara lainnya yaitu dengan cara mendeteksi hal-hal seperti ini yaitu dengan cara mencobanya untuk menjalankan mobil pada saat kecepatan di jalanan yang lurus, kemudian mencoba untuk memperhatikan apakah anda akan merasa jika mobil anda limbung atau tidak. Namun jika iya maka sudah dipastikan keadaaan shockbreaker mobil mengalami kerusakan. 

 

2.Ball Joint 

Permasalahan pada kaki-kaki  mobil ini sering terjadi pada komponen yang bernama ball joint ini. Komponen ball joint ini berfungsi sebagai sumbu pada bagian ball joint yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan knuckle roda dengan arm atau sayap. Ball joint ini memang cukup berat apalagi jika mobil sedang berkendara. Terkadang pada ball joint ini dapat mengalami kerusakan sehingga akan muncul bunyi “gluduk-gluduk” ketika mobil akan melewati jalanan yang tidak merata ataupun mengalami kerusakan. Untuk mengeceknya bisa untuk melihat keadaan dari ball joint apakah bisa melakukannya dengan mendongkrak roda mobil yang terdapat pada bagian depan. Selain itu pun mobil dapat digoyangkan roda  ke atas dan ke bawah secara perlahan. Hal seperti ini supaya anda mengetahui apakah timbul bunyi dari bagian tersebut. 

 

3.Bushing Stabilizer

Komponen suspensi bushing stabilizer ini mempunyai beberapa cara kerja yang sama seperti bushing arm, dimana komponen ini terletak pada bagian link stabilizer yang menjadikan penyeimbang suspensi kanan atau kiri. Namun jika komponen ini bermasalah,maka anda dapat mengeceknya dengan cara mendengar seperti bunyi berdecit ketika mengendarai mobil. Bukan hanya itu saja, apabila timbul suara gemuruh ketika mobil sedang melakukan rem. Cara lainnya dapat untuk mendeteksi kerusakan adalah dengan cara memacu kendaraan anda dalam kecepatan yang sedang di jalanan yang lurus. Ketika mobil terasa melenceng ke arah kiri dan kanan serta terasa sangat berat, namun dapat di pastikan juga jika komponen tersebut benar-benar dalam permasalahan. 

 

4.Bushing Arm

Komponen suspensi ini berupa selongsong besi yang disongkong dengan karet. Komponen pada bushing arm ini berfungsi untuk titik tumpu dari roda dengan lengan pencengkramannya dan dapat meremkan getaran yang terjadi ketika disambungkan antara komponen suspensi yang berasal dari logam. Kerusakan pada komponen bushing arm ini bukan hanya menimbulkan suara berisik namun dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam pengendalian mobil yang sedang di kendarai. Bahkan pada laju mobil ini tentunya tidak akan stabil dan pastinya akan membahayakan keselamatan anda. Cara untuk mudahnya adalah supaya bisa mendeteksi kerusakan pada komponen yang harus memperhatikan arah dari laju mobil. Bila melenceng ke kanan atau ke kiri serta terdengar bunyi gemuruh yang dapat menandakan bila bushing arm ini mengalami kerusakan. 

 

5.Tie rod 

Pada komponen bagian ini sering sekali mengalami permasalahan adalah tie rod, dengan demikian komponen mobil ini dapat bergerak ke kiri atau ke kanan. Hal seperti ini disebabkan karena adanya tie rod yang berhubungan langsung dengan bagian sistem setir mobil. Jika komponen ini akan mengalami kerusakan, maka pastinya kerja setir ini akan terganggu atau bahkan tidak bisa bekerja dengan normal. Keseimbangan pada mobil pun akan terganggu dan bisa menyebabkan bunyi pada saat kendaraan sedang berbelok. 

 

6.Bearing 

Komponen suspensi pada bearing ini memiliki fungsi sebagai bantalan pada roda yang mana akan sangat berpengaruh pada putaran roda serta kestabilan dari laju kendaraan tersebut. Adapun cara mendeteksi kerusakan ini adalah dengan cara memperhatikan apakah suara-suara yang bermunculan itu seperti ‘mendung’ pada bagian roda mobil. Cara mengetahuinya adalah mencoba untuk perhatikan putaran pada roda mobil. Langkah pertama nya adalah anda bisa mendongkrak roda mobil satu per satu. Kemudian perhatikan putaran dari roda yang terasa halus atau malah bergetar. Jika keadaan pada putaran roda ini bergetar maka artinya terdapat bunyi gemuruh yang sudah pasti komponen suspensi bearing ini mengalami kerusakan. 

 

Itulah beberapa kerusakan pada kaki-kaki mobil yang sering terjadi , semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai kerusakan pada kaki-kaki mobil yang sering terjadi

 

Apabila menemukan beberapa kerusakan pada kaki-kaki mobil yang sering terjadi, maka langsung saja untuk menghubungi dan mendatangi bengkel kaki-kaki terdekat supaya langsung ditangani kerusakannya apa saja dan mekanik akan melakukan perbaikan jika masih bisa diperbaiki. Perawatan secara rutin ini akan lebih baik dari pada saat memperbaiki kerusakkan yang sudah terjadi, apalagi jika untuk piranti rem yang mempunyai peranan yang penting saat berkendara. Jangan sampai salah pilih bengkel shockbreaker mobil ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

 

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Baca Juga ; Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!