Skip to content

Bengkel Mobil Kaki-Kaki Terdekat : Cara Membuat Suspensi Mobil Menjadi Empuk

  • by

Bengkel Mobil – Suspensi shockbreaker ini merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki fungsi untuk mengurangi guncangan. Supaya shockbreaker tetap aman digunakan maka perlu untuk memahami cara membuat shockbreaker mobil yang empuk. Namun jika shockbreaker kurang empuk atau tidak berfungsi dengan baik, untuk itu anda bisa melakukan perawatan pada shockbreaker mobil. Gejala yang sering ditemui pada pengemudi adalah mobil terasa limbung ketika melalui jalanan yang rusak dan bergelombang. Hal seperti ini biasanya terjadi karena penggunaan shockbreaker yang kurang tepat. Salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui cara membuat suspensi mobil empuk atau bisa digantinya dengan suspensi yang baru. Jika tak ingin menggantinya, maka anda bisa memodifikasikan suspensi standar, supaya lebih nyaman jika digunakan. 

sistem suspensi

Upaya yang akan sering dilakukan pemilik kendaraan untuk menghasilkan suspensi yang lebih baik. Dengan cara mengubah sistem double rebound. Pengemudi maupun di dalam kabin ini akan tetap nyaman ketika sedang berkendara di jalanan. 

 

Shockbreaker yang empuk ini akan membuat mobil tidak bergetar ketika dibawa melewati jalanan yang bergelombang atau tidak rata. Berikut ini ada beberapa cara membuat shockbreaker mobil menjadi empuk yaitu sebagai berikut :   

1.Peralihan ke per keong 

 

Jenis-jenis shockbreaker ini berbeda pada masing-masing mobil. Jika shockbreaker mobil ini tidak terasa empuk, maka mencoba untuk mengganti ke shockbreaker model per keong atau per ulir. Gunakanlah per yang berbahan baja, sebab baja cenderung lentur. Bukan hanya itu saja pilih yang memiliki jarak lilitan yang rapat dengan ukuran batang yang lebih kecil. Batang per yang memiliki ukuran besar ini akan menunjukkan bantingan keras dan jarak lilitan yang lebih renggang akan terasa lebih keras ketika mengayun. Tetapi jika sebelum menggantinya, maka tanyakan terlebih dahulu kepada pihak bengkel apakah mobil tersebut bisa menggunakan per jenis keong ini. Dan juga gunakan per yang memiliki tinggi sama dengan as shockbreaker. Hal seperti ini untuk mencegah per menjadi goyang.     

Baca Juga ; Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

2.Shockbreaker daun menjadi lebih empuk 

 

Per daun ini pun sudah jarang digunakan karena per daun ini banyak ditemukan di kendaraan model lama dan minibus untuk mobil barang. Cara membuat per daun mobil ini akan lebih empuk, anda cukup mengurangi lembaran per. Jika masih menggunakan shockbreaker oli diganti dengan model gas supaya hasil akan lebih maksimal. 

 

3.Shockbreaker menggunakan double rebound   

 

Kendaraan buatan eropa ini biasanya menggunakan shockbreaker double rebound yang memberikan rasa lebih empuk dan kenyamanan yang lebih baik. Sebab shockbreaker double rebound ini mempunyai per tambahan. Anda pun dapat menggunakan shockbreaker double rebound ini untuk membuat shockbreaker mobil menjadi lebih empuk, meskipun mobilnya adalah bukan non-eropa. Cara memodifikasi terhadap shockbreaker dengan melakukan pembongkaran terlebih dahulu. Mungkin anda harus memerlukan bantuan dari teknisi bengkel yang lebih ahli. 

 

4.Penggantian shockbreaker dengan yang baru 

 

Jika mobil sering digunakan, maka komponen akan tergerus usia akibat pemakaiannya. Shockbreaker yang kurang empuk ini akan terjadi sebab sudah habis dalam masa pemakaian. Dengan demikian, maka solusi yang paling tepat adalah untuk membuat shockbreaker menjadi lebih empuk dengan mengganti shockbreaker yang baru. Lakukan penggantian di bengkel mobil kaki-kaki terdekat anda.  

bengkel kaki kaki terdekat

Kinerja suspensi shockbreaker yang tidak optimal ini akan menjadi tanda untuk penggantian shockbreaker dengan yang baru, berikut ini pun ada beberapa ciri-ciri shockbreaker mobil yang perlu diganti adalah sebagai berikut : 

 

1.Mengeluarkan suara berisik 

 

Suara berisik pada mobil anda akan membuat anda menjadi tidak nyaman ketika sedang berkendara dan melakukan perjalanan jauh. 

 

2.Ayunan Berlebih 

 

Pada saat melewati jalanan yang tidak rata, maka mobil akan berayun ke kanan atau kiri yang pasti akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk kembali ke posisi stabil. Ini bisa menjadi tanda bahwa suspensi mobil perlu melakukan pergantian. 

 

3.Oli shockbreaker keluar atau bahkan merembes 

 

Shockbreaker bocor ini disebabkan adanya seal tabung yang mengalami kebocoran. Jika oli shockbreaker habis, maka bisa menyebabkan shockbreaker rusak dan anda harus langsung membawanya ke bengkel mobil kaki-kaki terdekat agar shockbreaker mobil menjadi empuk kembali seperti sedia kala. Untuk itu menambahkan oli itu tujuannya supaya per tidak cepat berkarat. Tetapi setelah melakukan cara untuk membuat suspensi mobil menjadi lebih empuk lagi, lakukan pengecekan di bengkel mobil kaki-kaki terdekat. Membongkar kaki ini memang dapat menyebabkan dimensi mobil ini  terlihat ceper. Namun suspensi mobil ini akan terasa lebih nyaman lagi dari sebelumnya. 

 

4.Level mobil tidak seimbang 

 

Rasakan apakah mobil anda berada pada posisi yang seimbang jika dibawa berkendara. Suspensi yang rusak ini akan membuat mobil terasa menjadi miring ketika berada pada permukaan yang rata dan tidak bergelombang. 

 

5.Bentuk fisik pada shockbreaker ini berubah 

 

Bentuk fisik shock absorber ini terlihat bengkok disebabkan adanya benturan yang dapat menandakan bahwa kerusakan pada bagian tabung shockbreaker ini adalah pertanda sudah tidak bagus untuk digunakan. Jika shockbreaker ini menjadi proses peredaman yang terjadi tidak sempurna. sehingga mengakibatkan proses peredaman getaran menjadi lemah proses cengkraman ban ini akan berkurang terhadap jalan ketika sedang terjadi pengereman secara mendadak. Dengan demikian pengereman ini tidak stabil sebab peredaman yang dilakukan pada suspensi shockbreaker ini adalah membutuhkan proses yang lama. Efek lainnya yang terjadi adalah dengan adanya daya cengkraman pada ban terhadap aspal untuk menjaga laju kendaraan pun menjadi tidak stabil. Untuk itu anda bisa langsung dibawa ke bengkel mobil kaki-kaki terdekat untuk di cek terlebih dahulu.   

 

Itulah beberapa cara membuat suspensi menjadi lebih empuk di bengkel mobil kaki-kaki terdekat , semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai cara membuat suspensi menjadi lebih empuk di bengkel mobil kaki-kaki terdekat.

 

Apabila menemukan beberapa cara membuat suspensi menjadi lebih empuk, maka langsung saja untuk menghubungi dan mendatangi bengkel mobil kaki-kaki terdekat supaya langsung ditangani kerusakannya apa saja dan mekanik akan melakukan perbaikan jika masih bisa diperbaiki. Perawatan secara rutin ini akan lebih baik dari pada saat memperbaiki kerusakkan yang sudah terjadi, apalagi jika untuk piranti rem yang mempunyai peranan yang penting saat berkendara. Jangan sampai salah pilih bengkel mobil kaki-kaki terdekat ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

 

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya. 

Baca Juga ; Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!