Skip to content

PENYEBAB SHOCKBREAKER MOBIL RUSAK DAN CARA MENGATASINYA

  • by

Suspensi shockbreaker mobil ini adalah komponen yang paling penting pada mobil yang memiliki fungsi untuk meredamkan guncangan atau getaran yang terjadi ketika melewati jalanan yang tidak merata. Dengan begitu adanya shockbreaker maka getaran tersebut tidak akan begitu dirasakan oleh pengendara dan penumpang. Dan juga shockbreaker sebagai penentu keamanan dalam berkendara, karena jika shockbreaker rusak maka sangat beresiko terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian anda perlu mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan shockbreaker bisa rusak dan bagaimana cara mengatasinya. 

 

Permasalahan yang sering terjadi pada shockbreaker ini tentu akan sangat mengganggu menghandling suatu kendaraan dan juga akan mengganggu kenyamanan saat berkendaraan selama di perjalanan. Berikut ini ada beberapa penyebab shockbreaker mobil rusak, yaitu antara lain : 

1.Shockbreaker yang tidak pernah dibersihkan atau kotor 

Penyebab kerusakan shockbreaker ini salah satunya adalah karena terdapat kotoran. Yang biasanya kotoran menempel pada bagian tiang shockbreaker yang bisa menyebabkan pada sobekan sela karet. Yang akhirnya membuat oli menjadi bocor melalui karet yang sobek tersebut. Namun jika terdapat oli pada shockbreaker dan keluar dari tabung maka artinya shockbreaker tersebut mengalami kerusakan. Dan biasanya juga kondisi shockbreaker tersebut sudah mengalami aus. Cara mengatasi adalah dengan dilakukan dengan mengeluarkan oli yang terdapat di dalam bagian karetnya. Hal tersebut bisa untuk mengatasi shockbreaker yang mengalami kerusakan pada getah bantalan shockbreaker. 

Baca Juga; Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

  2. Upper mounting tidak akan terpasang sempurna 

Upper mounting merupakan komponen yang berada di atas shockbreaker. Meskipun dengan adanya kedudukan atau alas, tetapi apel mounting ini harus dipasang dengan baik. Tujuan adanya pemasangan yang tepat ini adalah supaya shockbreaker bisa bekerja dengan baik, kinerjanya juga tidak melebihi beban pada umumnya/normalnya. Sedangkan jika upper mounting akan dipasang kurang pas maka dapat membuat shockbreaker bekerja melebihi batas normal yang semestinya. Shockbreaker akan mudah rusak, oleh karena itu anda harus selalu perhatikan pemasangan upper mounting tersebut pada kendaraan anda. 

3. Muatan melebihi kapasitas ketika sedang berkendara

Shockbreaker ini berfungsi untuk mengurangi guncangan atau getaran dari beban yang ditumpunya pada mobil, shockbreaker ini pun memiliki batas normal beban. Komponen tersebut dapat mudah rusak jika mobil sering memuat kapasitas yang melebihi kapasitas beban. Namun jika sedang di perjalanan melalui jalanan yang rusak, maka kemungkinan besarnya adalah untuk membuat shockbreaker cepat rusak. Bagaimanapun kondisinya, maka mobil harus tetap bekerja di luar batas normal untuk melewati medan jalanan dengan muatan yang terlalu banyak. 

SHOCKBREAKER MOBIL

4. Ban mobil mengalami aus 

Kerusakan pada shockbreaker ini salah satunya yaitu ban mobil yang aus atau sudah tipis. Ketika keadaan ban mobil yang sudah mulai awas, tentu akan sulit bagi mobil untuk menjaga keseimbangan saat belok. Namun juga jangan terlalu dipaksakan kendali mobil tersebut untuk berbelok melebihi batasnya, maka akan menyebabkan shockbreaker mobil yang melampaui masa pakai. Namun jika mobil dikendarai secara ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi, maka kemungkinan kerusakannya pada mobil yang akan sangat parah. 

 

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi shockbreaker mobil yang rusak , yaitu sebagai berikut : 

 

1. Menggantikan batang shockbreaker atau piston road 

 

Salah satunya adalah ketika shockbreaker bocor, maka kerusakan pada bagian batang shockbreaker yang disebut dengan komponen piston road. Komponen yang berfungsi untuk menghubungkan tabung luar dan piston. Dari berbagai permasalahan pada shockbreaker bocor, piston tersebut ukuran diameternya mengecil dan sudah mengalami aus sehingga oli pada tabung keluar melalui sela-sela batang shockbreaker. Cara memperbaikinya adalah batang shockbreaker ini atau piston road ini perlu diganti dengan yang baru. Bukan hanya itu saja yang perlu mengisi tabung pelumas menggunakan yang baru. Pelumas lama ini tidak akan dianjurkan untuk digunakan kembali karena pelumas tersebut kemungkinan besar ini menjadi terkontaminasi dengan berbagai debu dan kotoran yang ada di piston. 

 

2. Pemasangan upper mounting yang benar 

 

Dengan kondisi seperti ini mobil akan selalu baik, pastikan juga untuk melakukan perawatan secara teratur sehingga stabilitas mobil akan tetap aman. Begitu juga dengan keadaan shockbreaker kendaraan. Untuk melakukan perawatan shockbreaker, memastikan juga pada upper mounting dipasang dengan tepat atau tidak, jika pemasangan tidak dilakukan sesuai dengan penempatannya tidak tepat maka akan membuat mobil overload jika menampung beban yang ada di kabin. 

 

3. Pengontrolan ban pada mobil 

 

Bukan hanya itu saja menjaga kebersihan pada shockbreaker mobil ini memanglah sangat penting karena dengan mengontrol kondisi ban mobil juga penting. Untuk itu jangan sampai ban mobil ini mengalami keausan tetapi cukup dibiarkan saja dan tidak diganti. Kinerja pada shockbreaker ini pun dipengaruhi oleh keadaan ban mobil dengan yang baru sebelum terjadi kerusakan pada shockbreaker yang semakin parah. 

 

4. Kebersihan shockbreaker harus dijaga 

 

Penyebab kerusakan pada shockbreaker ini salah satunya adalah tidak menjaga kebersihan shockbreaker contohnya pada shockbreaker banyak kotoran yang menempel tidak langsung dibersihkan. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan shockbreaker.  Ternyata dengan adanya kotoran pada shockbreaker ini menyebabkan kerusakan pada karet seal. Dan juga akan mengalami perembesan pada oli maka performa shockbreaker pun akan menjadi turun. 

 

5. Melakukan pengecekan di bengkel shockbreaker mobil 

 

Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukannya servis mobil ke bengkel shockbreaker mobil yang terpercaya. Pengecekan memang perlu dilakukan secara rutin sebab untuk mengetahui bagaimana kondisi kendaraan secara detailnya. Dengan adanya pengecekan tersebut maka akan tahu bagaimana kondisi komponen pada mobil ini sehingga kaki-kakinya atau pada bagian shockbreaker. Hal seperti ini pun dapat mencegah kerusakan shockbreaker yang semakin parah, sebab dengan adanya shockbreaker yang rusak yang dibiarkan akan menyebar kerusakan pada komponen mobil yang lainnya. 

Itulah beberapa macam penyebab dan cara mengatasi kerusakan pada shockbreaker yang terdapat pada kaki-kaki mobil, semoga anda setelah membaca artikel ini bisa lebih paham lagi mengenai penyebab dan cara mengatasi kerusakan  pada shockbreaker pada kaki-kaki mobil. 

Apabila menemukan beberapa penyebab dan pertanda shockbreaker mengalami kerusakan maka langsung saja untuk menghubungi dan mendatangi bengkel shockbreaker mobil supaya langsung ditangani kerusakannya apa saja dan mekanik akan melakukan perbaikan jika masih bisa diperbaiki. Jangan sampai salah pilih bengkel shockbreaker mobil ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

SHOCKBREAKER MOBIL

Bengkel Arum Sari melayani berbagai macam permasalahan pada kaki kaki mobil dari penggantian shockbreaker, perbaikan rack steer, perbaikan onderstel, perbaikan rem mobil, perbaikan shockbreaker mobil, yang pada intinya berhubungan dengan kaki-kaki mobil, Bengkel Arum Sari bisa menanganinya. Jangan lupa datang ke bengkel kami ya,anda biasa Telpon kami Admin Bengkel Arum Sari di Nomor 085221486500.

Baca Juga; Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Berkualitas Dan Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!