Bagian Pada Mesin Mobil Yang Harus Dikontrol

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari purwokerto – Setiap orang yang memiliki mobil seringkali digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat,Selain keadaan fisik kita harus memeriksa dan meyakinkan bahwa mobil dalam keadaan yang bagus dan memungkinkan untuk melakukan perjalanan.Ketika akan memeriksanya dipastikan bahwa anda tidak melewati bagian dibawah ini antara lain :

1. Oli Mesin

Waktu yang baik untuk memeriksa oli mesin mobil yaitu ketika mesin mobil dalam keadaan dingin,atau bisa juga mesin mobil dalam keadaan mati.Untuk itu sebelum melakukan perjalanan jauh ataupun dekat sebisa mungkin untuk melakukan pengecekan pada oli mesin.

Untuk melakukan pemeriksaan oli mesin ini sangatlah mudah yaitu dengan menarik dipstick yang berlabel oil,membersihkan pada bagian batang pengukur oli,masukan dan tarik kembali.Dan periksa oli apakah berada dalam batasan indikator pada ujung dipstick.Maka apabila oli dibawah tanda full maka anda harus menambahkannya sampai penuh.Tetapi ketika oli berada antara ujung dipstick dan full,volume oli terbilang sudah cukup. 

2. Oli Transmisi

Pemeriksaan pada oli transmisi ini sangat mudah yaitu mencari dipstick dengan label “ transmission” dan lakukan langkah yang sama seperti pengecekan oli mesin.Dan periksa oli transmisi ini bersih dan tidak ada serpihan logam.Apabila terdapat serpihan logam maka alangkah baiknya segera membawanya ke bengkel.

3. Air Radiator

Untuk memeriksanya yaitu dengan ketinggian air pada tabung cadangan.Dan pastikan ada pada antara batas tertinggi dan terendah. Tetapi hindari mengisi air radiator sampai melewati batas full sebab akan menyebabkan air tidak dapat tersedot kedalam cooling system.

4. Aki Mobil

Cara mengecek aki yaitu menggunakan voltmeter yang dihubungkan pada terminal plus dan minus aki.Dan mengecek apakah terdapat kotoran dan karat pada kedua terminal tersebut,apabila pada bagian korosi perlu untuk dibersihkan maka dibersihkan menggunakan amplas atau sikat kawat.  

Dan ada beberapa cara yang  lain untuk bisa digunakan untuk memeriksa kesehatan aki yaitu sebagai berikut:

1. Mesin susah untuk dihidupkan

Yang menyebabkan mesin susah dihidupkan yaitu aki yang ngadat akan menyebabkan bunyi cetak-cetek ketika kunci mobil diputar pada posisi start. Apabila pada keadaan aki normal,listrik dan aki mengalir pada dinamo starter mobil supaya membantu menyalakan mesin.

2. Memperhatikan lampu peringatan pada dasbor

Ketika memutar kunci kontak dalam keadaan normal.lampu-lampu indikator menyala.Tetapi ketika aki dalam keadaan melemah maka lampu indikator menjadi redup atau bisa juga mati. 

3. Suara klakson akan menjadi melemah

Cara untuk mengetahui keadaan aki yaitu menekan klakson.Tahan dan tekan klakson kemudian putar kunci kontak ke posisi starter.Apabila aki lemah maka akan menyebabkan suara klakson melemah atau tidak bersuara sama sekali.

Nah untuk itu semoga sedikit informasi tadi anda lebih ,mengetahui mengenai bagian mesin mobil yang wajib diperiksa,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare:).  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *