Apakah Mesin Diesel Harus Berganti Oli Mesin

  • by

Bengkel kaki mobil arumsari purwokerto – Untuk penggantian oli dalam kendaraan diesel wajib melakukan pergatian oli dengan jangka lebih pendek dari pada dengan mobil berbahan bakar bensin.

Karena mobil diesel proses pembakaranya lebih banyak menghasilkan karbon dengan demikian oli mesin ini akan lebih mudah kotor dan menghasilkan jelaga.

Apabila tidak cepat untuk menggantinya dalam jangka waktu yang lebih pendek, bisa mengakibatkan kehabisan oli, dan apabila oli yang sudah banyak mengandung endapan yang bisa memengaruhi kinerja turbocharger ,mengetahui bahwa komponen ini membutuhkan oli sebagai pelumasan.

Untuk pergantian oli biasanya pabrikan mobil diesel dalam buku petunjuk servis akan merekomendasikan untuk mengganti oli setiap kelipatan 5000 km atau per 3 bulan jika mobil sering digunakan, atau sekurang – kurangnya tiap interval 5000km atau per 6 bulan jika mobil jarang digunakan.

Apabila mobil diesel yang digunakan yaitu unit pekerja keras, dan sangat direkomendasikan untuk dilakukannya pergantian oli mesin lebih cepat dari petunjuk servis. Contohnya apabila kalian menggantinya setiap jangka waktu 4000km atau 4500km.

Mengganti oli secara rutin dan teratur akan menjadikan mobil lebih sehat dan terbebas dari kerusakan yang fatal.

Nah itulah sedikit informasi mengenai kenapa mesin diesel harus seirng diganti oli mesin,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *